Apakah Bali Akan Meniru Singapura Dalam Menangani Pandemi Covid 19?

Singapura akan menjadikan virus covid 19 sebagai flu biasa

Hampir 2 tahun masyarakat indonesia berperang melawan covid 19, namun masih belum tau kepastian kapan virus covid 19 ini akan berakhir. Triliunan dana sudah dikucurkan oleh pemerintah indonesia untuk membantu warganya bisa bertahan di masa pandemi covid 19 ini.

Semakin hari pengangguran semakin merajarela, hal ini disebabkan oleh banyaknya perusahan - perusahaan besar yang tutup dan mengalami bangkrut karena terdampak pandemi covid 19 ini. Covid 19 ini tidak hanya menyerang manusia namun juga menyerang penghasilan masyarakat sehingga banyak masyarakat yang mengalami kelaparan di masa pandemi ini.

Sebagai contoh di provinsi bali, Di bali 90% warganya bergantung kepada pariwisata dengan berbagai macam profesi seperti karyawan hotel, restaurant, Guide, pemilik spa, hotel dan pedagang - pedagang kecil di wilayah pariwisata. Karena pandemi covid 19 ini, bali tidak lagi memiliki pemasukan dari pariwisata yang menyebabkan banyak karyawan pariwisata yang terkena PHK dan dirumahkan.

AKANKAH BALI MENIRU SINGAPURA KEDEPANNYA?

Di singapura baru - baru ini banyak beredar caption kalau singapura akan menjadikan pandemi ini menjadi endemi yaitu menjadikan virus corona ini sebagai penyakit biasa di dalam kehidupan sehari - hari seperti flu, batuk, pilek dll. 

Penduduk singapura akan bisa bekerja, berpergian, berlibur tanpa adanya karantina dan lockdown pada wilayah tertentu.

Singapura juga dekat - dekat ini akan mulai menyetop tes covid 19 ke masyarakat secara acak serta akan menunutup tempat - tempat karantina covid 19. Pemerintah singapura sudah mulai sadar kalau covid 19 ini tidak akan bisa punah dari kehidupan justru manusialah yang harus beradaptasi dengan covid 19 ini. Karena virus covid 19 ini selalu bermutasi menjadi varian baru menyesuaikan tempat dan keadaan setiap saat.

Menteri Perdagangan dan Industri Singapura yaitu Gan Kim Yong, Menteri Keuangan singapura Lawrence Wong dan Menteri Kesehatan Ong Ye Kung akan mempersiapkan penduduk singapura hidup berdampingan dengan virus covid 19 ini. Mereka juga menyebutkan ini adalah prioritas kami kedepannya.

Hal ini dilakukan oleh pemerintah singapura karena penduduk singapura selalu bertanya "kapan dan bagaimana pandemi covid 19 ini akan berakhir"

Pemerintah singapura juga mengatakan mungkin kita harus hidup normal dengan berdampingan langsung bersama virus covid 19.

Vaksinasi covid 19 di singapura sudah mencapai 85% dengan tingkat efektifitas di atas 80% hal ini dibuktikan dengan semakin rendahnya angka positif covid 19 di singapura setelah melakukan vaksinasi bersama.

Pada awal bulan juli pemerintah singapura akan menargetkan dua pertiga dari jumlah penduduk agar bisa mendapatkan vaksinasi covid 19 dengan cepat kata para Mentri.

Apakah Pulau bali yang sudah berpringkat sebagai pulau internasional akan memberlakukan pandemi ini sebagai endemi kedepannya? agar masyarakat dan para turis yang akan berlibur ke bali bisa bekerja, berpergian dan berlibur tanpa adanya tes covid 19 serta karantina mandiri yang membutuhkan biaya besar.

Hanya pemerintah pusat yang mempunyai kewenangan ini. Kita sebagai warga indonesia tetap harus mematuhi prokes kesehatan agar bisa selalu dalam keadaan sehat di masa pandemi ini.