PPKM Ketat Diberlakukan! Dihimbau Warga Bali Untuk Tetap Bertahan Hidup

Berita Dewata, Juli 03, 2021, PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat kembali di berlakukan mulai hari ini tanggal 03 Juli 2021 se-Jawa Bali. PPKM ini langsung di infokan oleh President RI, Jokowidodo melalui Pers nya.

Pemerintah kembali memberlakukan PPKM ini karena adanya data kasus lonjakan Covid 19 dari mutasi varian baru corona di pulau jawa dan bali berdasarkan data covid 19 yang di kirim langsung dari masing - masing daerah ke Tim pusat.

PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat dimulai hari ini tanggal 03 juli 2021 sampai tanggal 20 Juni 2021. Tujuan dari PPKM Jawa Bali ini untuk mengendalikan covid 19 yang katanya meningkat pada akhir - akhir ini di pulau jawa maupun di pulau bali.

PPKM DARURAT JAWA-BALI 

Adapun beberapa kegiatan masyarakat yang di batasi oleh pemerintah dan dipantau langsung oleh satgas yang bertugas di masing - masing daerah antara lain.

KEGIATAN MASYARAKAT

  • Tempat beribadah akan ditutup sampai PPKM berhenti.
  • Taman Umum dan Area umum juga ditutup.
  • Penutupan lokasi kegiatan seni, budaya, olahraga dan lokasi sosial.
  • Resepsi pernikahan hanya boleh maximal 30 orang dengan makanan di bawa pulang.
  • Kegiatan sekolah tetap di lakukan secara online.

TRANSPORTASI UMUM

  • Transportasi umum maximal 70% dari kapasitas yang tersedia.
  • Harus menunjukkan kartu vaksin untuk penumpang pesawat, bus dan kereta api.
  • Penumpang pesawat harus memiliki PCR test H-2.
  • Untuk transportasi darat wajib memiliki surat tes antigen maximal 1 hari.

KEGIATAN PARIWISATA

  • Untuk pasar tradisional dan supermarket yang menjual kebutuhan sehari - hari dibatasi jam operasionalnya  sampai jam 8 malam dan dengan kapasitas pengunjung 50% saja.
  • Apotek dan toko obat tetap bisa buka 24 jam sesuai surat edaran PPT SE NO 09.
  • Untuk restorant, tempat makan, cafe - cafe kecil hanya melayani take away saja atau delivery, Tidak melayani makan di tempat.

PPKM darurat Jawa-Bali berlaku untuk 121 Kabupaten/kota sejawa bali mulai dari tanggal 3-20 juli 2021.

Sanksi hukum akan dilibatkan dalam penerapan PPKM darurat ini, mulai dari sanksi ringan berupa teguran sampai sanksi penjara serta penutupan dan penyegelan bagi toko, restorant, cafe dan warung makan yang melanggar PPKM Darurat ini sesuai dengan KUHP dan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Hal ini sesuai himbauan pemerintah untuk menekan laju penularan covid 19 di indonesia.

BANTUAN BLT PPKM DARURAT JAWA BALI

Masyarakat hanya baru mendengar tentang PPKM darurat ini beserta sanksi - sanksi untuk para pelanggar penerapan PPKM jawa - bali. Namun untuk bantuan berupa dana ataupun bahan pangan belum terdengar sama sekali oleh masyarakat bali khususnya sampai tanggal mulainya PPKM jawa bali.

Bantuan minimal berupa pangan sangat dibutuhkan masyarakat dalam PPKM jawa bali ini karena secara otomatis pemasukan sehari - hari dari berjualan maupun bekerja berkurang atau bahkan tidak mencukupi untuk membeli kebutuhan pangan sehari - hari.

VIDEO PRESIDEN RI - PPKM DARURAT JAWA BALI