Petugas PPKM Bali Salah Mengartikan Instruksi Mentri?

PPKM darurat jawa - bali masih sedang berlangsung sampai dengan tanggal 20 juli 2021 dan ada kemungkinan diperpanjang jika kasus corona virus ini masih tetap tinggi seperti PPKM yang sudah dilaksanakan sebelumnya.

Tujuan positif dari PPKM Darurat yang dikeluarkan oleh mentri dalam negri ini adalah untuk menekan penyebara covid 19 varian baru yaitu varian delta yang katanya sudah menyerang anak - anak. Virus covid 19 varian delta adalah mutasi dari virus corona sebelumnya.

Dampak negatif yang dirasakan masyarakat dengan adanya PPKM Darurat jawa - bali ini adalah bertambahnya pengangguran karena dirumahkan oleh perusahaan - perusahaan tempat mereka bekerja serta banyak pedagang - pedagang makanan kecil yang biasanya buka pada malam hari harus menutup warungnya sebelum jam 8. Atas pembatasan operasional sampai jam 8 malam ini membuat penghasilan dari warung - warung kecil semakin berkurang.

KENAPA WARUNG HARUS TUTUP SEBELUM JAM 8 MALAM DI BALI?

Banyak petugas PPKM darurat di bali jika ditanya pertanyaan seperti itu maka akan dijawab Untuk menghindari kerumunan atau menghindari terciptanya kerumunan disuatu tempat sesuai dengan surat edaran dari menteri yang diteruskan ke gubernur dan bupati masing - masing kabupaten.

KITA SIMAK ISI SURAT DARI MENTRI

Berdasarkan surat edaran Nomor 09 Tahun 2021 yang diedarkan oleh Gubernur Bali, pada poin Tentang PPKM Darurat dalam tatanan kehidupan era baru provinsi bali Poin 1.C (tentang Pelaksanaan kegiatan pada sektor).

Pada poin 1.C sudah dijelaskan dengan lengkap cara pelaksanaan kegiatan pada sektor saat PPKM. Jika disimak poin nomor 4 ada kebijakan dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 20.00 waktu setempat.

BUNYI SURAT EDARAN no. 1 poin C.4

  • Untuk supermarket, Pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari - hari dibatasi jam operasionalnya sampai pukul 20.00 Wita dengan kapasitas pengunjung 50%.

APAKAH WARUNG MAKANAN, DAGANG MARTABAK, DAGANG NASI JINGGO TERMASUK DIDALAMNYA?

Penjelasannya seperti ini, Penutupan jam 8 malam khusus untuk yang disebutkan diatas sesuai surat edaran gubernur bali. Ok mari kita bahas satu - satu pengertian diatas.

Pengertian supermarket, pasar tradisional dan pasar swalayan sobat semua pasti sudah tau semuanya tanpa dijelaskan. Namun apa itu TOKO KELONTONG?

PENGERTIAN TOKO KELONTONG?

Berdasarkan penelusuran di Wikipedia tentang pengertian toko kelontong dijelaskan bahwa toko kelontong adalah Suatu toko kecil yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok untuk sehari - hari, Toko kelontong yang modern sekarang seperti Alfamart, Indomart, Circle K dll.

Sedangkan pada poin d dalam surat edaran berbunyi, 

  • Pelaksanaan kegiatan makan/minum di tempat umum (warung makan, rumah makan, cafe, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat.

Jika disimak dengan baik - baik surat edaran tersebut tidak ada yang dijelaskan tentang penutupan warung - warung makan setelah jam 8 malam.

Luhut juga menjelaskan dalam jumpa pers nya untuk pedagang kaki lima, cafe, tempat makan dan lain - lainnya tidak menerima makan ditempat hanya bisa di delivery atau di bungkus saja untuk menghindari kerumunan. Juga tidak dijelaskan tentang penutupan paksa setelah jam 8 malam.

APAKAH PETUGAS PPKM BALI SALAH MENGARTIKAN SURAT EDARAN INI?

Kita sebagai masyarakat hanya bisa mengikuti instruksi - instruksi dari pimpinan kita, tentang apakah para petugas ppkm yang menutup paksa warung - warung makan setelah jam 8 malam salah mengartikan surat edaran ini atau dilebih - lebihkan? kita juga tidak tau pastinya apa yang dipikirkan para petugas PPKM di bali.

Info dari Prokom Buleleng

KESIMPULAN

Kita sebagai warga negara indonesia harus benar - benar membaca dan mengartikan surat - surat edaran yang di berikan dengan baik dan benar, karena indonesia sudah mendapatkan predikat Darurat Membaca dari UNESCO dari 1000 orang yang benar - benar membaca hanya 1 orang.