Cara Daftar Imei HP Di Bandara Igusti Ngurah Rai Bali

Cara Daftar imei HP - Sobat crew kapal pesiar pasti kalian bingung cara mendaftar imei ponsel atau HP yang kalian beli di luar negeri agar ketika sobat dirumah HP luar negeri tersebut bisa mendapatkan sinyal dari operator seluler nasional.

Silahkan baca artikel tentang cara daftar imei hp dari luar negeri khusus untuk crew kapal pesiar yang akan pulang ke tanah air. Daftar imei bea cukai ini khusus untuk bandara Igusti Ngurah Rai yang berada di bali. Tentu saja daftar imei ini gratis, silahkan simak langkah - langkah daftar imei gratis di Bandara Ngurah Rai Bali.

Kebanyakan teman - teman dari kapal pesiar membawa ponsel - ponsel mahal seperti merk Iphone, Samsung maupun Xiaomi yang dibeli dari luar negeri saat masih bekerja di kapal pesiar. Karena adanya peraturan baru dari pemerintah indonesia yang mewajibkan barang - barang mahal diatas $500 harus melalui bea cukai atau dikenakan pajak barang.

Pentingnya Daftar Imei Untuk HP

Handphone - Handphone mahal yang sobat beli dari luar negeri alangkah baiknya didaftarkan imei nya secara langsung agar bisa mendapatkan sinyal dari operator lokal dan terhindar dari daftar hitam (Black Market).

Harga jual kembali untuk ponsel yang sudah terdaftar imeinya akan lebih mahal ketimbang ponsel yang tidak terdaftar di bea cukai. 

Daftar Imei HP Gratis

Pemerintah indonesia memberikan keringanan untuk barang - barang mahal termasuk elektronik yang mau mendaftarkan barang dari luar negeri di bea cukai secara langsung di bandara. Pemerintah indonesia memberikan diskon sebesar $500 untuk harga HP diatas $500 jika langsung mendaftar di bea cukai bandara saat kedatangan.

Untuk HP atau ponsel luar negeri dibawah harga $500 maka daftar imei gratis alias tidak dipungut pajak apapun dengan syarat langsung mendaftar saat kedatangan di bandara.

Langkah - Langkah Daftar Imei Di Bandara Igusti Ngurah Rai Bali

  1. Pertama sebelum mulai check in di bandara silahkan kalian mengisi form dari bea cukai secara online di https://ecd.beacukai.go.id dan jangan lupa screenshot barcode setelah selesai mengisi form. Form ini wajib diisi karena saat kalian tiba di bali, kalian harus menunjukkan hasil scan dari form tersebut saat melewati custom declaration di bandara bali.
  2. Pada halaman ketiga form custom declaration, silahkan sobat centang Imei Registration. Setelah itu akan muncul form yang berisikan informasi tentang handphone dan silahkan diisi sesuai dengan handphone yang kalian beli dari luar negeri.
  3. Terahkhir silahkan tekan next dan kalian harus menyimpan barcode yang muncul dengan cara screenshot secara langsung.
  4. Ketika sampai di bandara Igusti Ngurah Rai Bali, silahkan sobat mengambil koper atau luggage dulu lalu kalian akan melewati custom declaration dan silahkan tunjukkan barcode yang sudah dibuat tadi.
  5. Selanjutnya kalian akan melewati luggage scanner. Setelah melewati luggage scanner ini silahkan langsung menuju ke kantor bea cukai yang berada tepat setelah luggage scanner terakhir.
  6. Silahkan tunjukkan barcode custom declaration yang dibuat tadi dan pegawai bea cukai akan mendaftarkan imei handphone sobat secara langsung.
  7. Untuk hp luar negeri dengan harga dibawah $500 kalian bisa daftar imei secara gratis. Namun untuk ponsel dengan harga diatas $500 seperti Iphone sobat harus membayar pajak bea cukai sekitar 2.5 - 3.5 juta tergantung dari total harga barang saat membeli ponsel tersebut.
  8. Jika kalian melewati proses daftar imei secara langsung di bandara bali dan memilih mendaftarkan imei di lain waktu maka kalian tidak akan mendapatkan diskon pajak bea cukai sebesar $500.
  9. Jika sudah mendaftarkan imei di bea cukai bandara bali, imei akan aktif setelah 2 jam.

Pendaftaran imei luar negeri di bea cukai bandara igusti ngurah rai bali hanya memakan waktu sekitar 30 menit saja dan petugas bea cukai di bandara igusti ngurah rai juga ramah - ramah serta kalian juga bisa berkonsultasi masalah pajak imei hp yang akan didaftarkan.

Itulah langkah - langkah daftar imei hp luar negeri di bandara Igusti Ngurah Rai Bali khusus untuk crew kapal pesiar yang selalu membawa handphone mahal yang dibeli di luar negeri dan dibawa ke indonesia. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa komen atau share informasi ini ke teman - teman kapal pesiar kalian.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Posting Komentar