Cara Menyambung Android Ke Tv Tanpa Kabel Anycast


Tutorial ini adalah Cara Menyambung Android Ke Tv Tanpa Kabel menggunakan Anycast. Sekarang teknologi semakin canggih mulai dari smartphone hingga TV. Banyak sekali pengguna smartphone khususnya android ingin menonton movie di kesukaan di TV namun tidak memiliki smartTV. 

Tutorial ini akan membahas cara menyambung android ke tv LED / LCD menggunakan alat bernama Anycast. Ini adalah salah satu cara menghubungkan hp android ke tv tanpa kabel jadi sobat tidak perlu merasa repot lagi dengan usrusan kabel.

APA ITU DONGLE ANYCAST

Anycast adalah salah satu hardware menyerupai usb yang berfungsi untuk mirroring dari smartphone, notebook atau pc ke TV led atau lcd dengan bantuan jaringan wifi dan bluetooth. Dengan alat anycast ini TV LED / LCD yang memiliki port HDMI bisa menampilkan layar dari smartphone ke TV tanpa kabel.

Harga anycast tergantung dari tipe nya mulai dari 60rb - 250rb. Aplikasi anycast ini sangat bermanfaat sekali bagi sobat yang ingin menyambung android ke tv. Selain ukuran anycast yang kecil juga sangat mudah untuk di gunakan.

KELEBIHAN MENGGUNAKAN MIRROR ANYCAST KE TV

Kelebihan dari memakai anycast untuk mirror ke tv adalah bisa merasakan sensasi mulai dari bermain game hingga menonton movie di layar yang lebih besar. Karena fungsi dari anycast ini adalah menyambungkan android ke tv atau istilah kerennya mirror android ke tv. Tentunya cara menghubungkan anycast ke tv led/lcd ini tidak membutuhkan jaringan internet.

KEKURANGAN DARI ANYCAST

Dibalik kelebihan juga terdapat kekurangannya menggunakan mirror android ke tv ini yaitu membuat hp smartphone menjadi cepat boros dan panas karena melakukan mirror ke tv menggunakan wifi. Serta jarak antara tv dan smartphone tidak bisa terlalu jauh karena menggunakan jaringan wifi tanpa internet.

CARA MENYAMBUNGKAN HP KE TV MENGGUNAKAN ANYCAST

Cara menghubungkan hp ke tv tanpa kabel ini cukup sederhana dan sangat gampang sekali di aplikasikan di kehidupan sehari - hari. Hal pertama yang paling penting adalah harus mempunyai alat yang bernama anycast dulu, bisa di beli di toko online. 

  1. Jika sudah memiliki alat anycast bisa disimak cara menggunkan anycast ke tv.
  2. Pertama download aplikasi anycast di google play store.
  3. Hubungkan alat anycast ke port HDMI tv led / lcd yang terletak di belakang maupun di samping tv.
  4. Jika sudah ditancapkan jangan lupa tekan power pada anycast lalu langsung hidupkan wifi pada hp android dan sambungkan dengan wifi anycast yang dibeli tadi.
  5. Masukkan username dan password yang muncul pada layar tv.
  6. Jika sudah saling terkoneksi antara hp dan tv, silahkan langsung buka aplikasi anycast di hp android.
  7. Selamat hp akan otomatis termirror ke tv tanpa internet.
  8. Sobat juga bisa mengatur ukuran layar yang akan tampil di tv antara landscape atau portrait.

Catatan. Silahkan baca pada buku panduan anycast untuk informasi lebih jelasnya.

Terus bagaimana cara menyambungkan hp android ke tv tabung?

Tentu saja bisa asalkan tv tabung yang di gunakan sudah berisi port HDMI, silahkan di cek dulu biasanya port hdmi pada tv tabung berada di belakang tv. Cara menyambung android ke tv tabung ini tidak jauh berbeda dengan cara menyambung hp android ke tv led/lcd.

Cara menyambungkan android ke tv dengan anycast tersebut sudah support ke beberapa merk tv seperti LG, Samsung, Polytron, Sharp Dll yang support port HDMI. Silahkan praktekkan sendiri di rumah, jika mengalami kesulitan dalam pengoperasian anycast bisa di tulis pada kolom komentar di bawah.