Cara Menghapus Sablon Dtf Dengan Benar

Cara menghapus sablon Dtf yang benar adalah menggunakan cairan khusus penghilang sablon atau penghapus sablon. Cara menghapus sablon di baju umumnya menggunakan cairan khusus yang harganya bisa dibilang mahal. Namun ada beberapa cairan penghilang sablon dtf yang harganya murah dan memiliki efektifitas yang luar biasa sebagai penghapus sablon digital.

Cara menghapus sablon dtf

Sablon Dtf adalah jenis sablon digital terbaru yang menggunakan tinta khusus CMYK + White seperti karet yang di print diatas Pet Film khusus serta menggunakan adhesive powder sebagai perekatnya. Biasanya pengoperasian sablon dtf menggunakan mulai dari printer rumahan yang sudah support 6 channel seperti Epson L1800 sampai printer - printer besar yang harganya puluhan juta.

Selain printer dtf juga dibutuhkan alat press dengan minimal ukuran 38 x 38 agar support sablon ukuran A3. Alat press dtf ini berfungsi sebagai media untuk melekatkan tinta dtf yang sudah diprint dengan gambar diatas Pet Film sablon Dtf serta sudah ditaburi dengan Adhesive Powder dtf.

Saat proses press pet film dtf ke bahan kaos, kadang - kadang para pengguna sablon mengalami kesalahan baik itu salah menempatkan sablon atau gagalnya tinta sablon dtf merekat di atas kaos karena disebabkan oleh beberapa unsur human error.

Ada beberapa produk penghapus sablon tinta dtf dipasaran mulai dari yang harganya mahal sampai yang harganya murah dengan kemampuan menghilangkan sablon dtf bisa dibilang sangat ampuh. Karena sablon dtf ini memiliki perekat seperti lem yang bernama Adhesive powder jadi cukup mudah untuk menghilangkannya dengan bahan - bahan sederhana.

CAIRAN PENGHAPUS SABLON DTF

Ada beberapa cairan penghilang sablon dtf di pasaran antara lain:

1. Polyplex Remover 

  • Biasa tersedia pada toko sablon dengan harga kisaran Rp.100.000 an / 100ml. Polyplex remover ini bisa dibilang ampuh untuk menghilangkan sablon Dtf dan sablon polyplex karena sama - sama mengandung lem.

2. Cairan M4 

  • Tersedia di toko - toko sablon maupun toko online dengan harga kisaran Rp. 40.000 an / 1L. Cairan M4 ini biasanya digunakan untuk mengencerkan tinta sablon gesut / sablon manual dan bisa digunakan juga untuk menghilangkan sisa - sisa tinta yang mengering pada screen sablon dan juga bisa untuk menghapus tinta dtf.

3. Carburetor Cleaner

  • Carburetor Cleaner ini bisa sobat temukan pada bengkel - bengkel motor atau toko yang menjual peralatan dan spare part motor dengan harga Rp. 20.000 an saja tergantung merk.

Dari ketiga cairan diatas yang paling direkomendasikan adalah Carburetor Cleaner, karena selain harganya yang murah, mudah untuk dicari, juga sangat ampuh untuk menghilangkan tinta sablon dtf pada kaos dan pada kain lainnya. Sifat dari Carburetor Cleaner ini adalah dapat mengangkat lem adhesive powder yang digunakan pada sablon dtf.

CARA MENGGUNAKAN CAIRAN PENGHAPUS SABLON DTF

Agar hasil dalam menghapus tinta sablon dtf pada kaos ini lebih maximal, silahkan simak baik - baik syarat - syaratnya dulu sebelum mengaplikasikan salah satu cairan penghilang sablon dtf diatas. Syarat yang wajib adalah Umur baju kaos yang sudah disablon dengan tinta Dtf tidak boleh lebih dari 1 minggu karena akan sangat mengeras. 

Silahkan simak tutorial menghilangkan sablon dtf.

  1. Press kembali baju kaos yang ingin dihilangkan sablonnya dengan suhu 160 derajat selama 20 detik menggunakan mesin press kaos.
  2. Setelah selesai di press langsung semprotkan cairan penghilang sablon dtf secukupnya pada bagian sablon melalui bagian dalam kaos. Agar cairan penghapus sablon ini bisa langsung kena pada bagian lem adhesive powdernya. Jadi sobat harus membalikkan bajunya terlebih dahulu, bagian dalamnya berada diluar.
  3. Gosok - gosok pada sablon menggunakan sikat yang agak kasar sampai sablon nya benar - benar bersih. Jika ada bagian yang sulit mengelupas semprotkan lagi cairan penghapus sablonnya sampai benar - benar merata.
  4. Terakhir setelah dirasa sudah bersih, rendam sekitar 30 menitan dengan deterjen lalu sikat sedikit dan bilas menggunakan air bersih lalu jemur sampai kering.

Dalam menggunakan cairan pembersih sablon dtf ini diusahakan menggunakan masker hidung karena bau dari cairan penghilang sablon ini sangat menyengat sekali. Cara pmenghilangkan sablon dtf diatas akan sangat maximal jika digunakan sesaat setelah terjadinya kesalahan dalam proses press sablon dtf ke bahan kaos.

KESIMPULAN

Kesalahan dalam cetak sablon dtf dapat dihilangkan dengan beberapa cairan penghapus sablon seperti Polyplex Remover, Cairan M4 dan Carburetor Cleaner dengan catatan umur baju kaos yang akan dihilangkan sablonnya tidak lebih dari 1 minggu dan paling maximal hasilnya jika dihilangkan sesaat setelah dipress ke bahan kaos.