Biaya Banten Dan Persiapan Pernikahan Bali

Sebelum melakukan suatu upacara adat pernikahan di bali, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu biaya banten pernikahan dan persiapan pernikahan di bali.

Setiap tahunnya ada ribuan warga bali yang melakukan pernikahan baik laki - laki maupun perempuan. Banyak orang yang mengatakan kalau biaya banten pernikahan bali sangatlah mahal bahkan sampai tembus ratusan juta.

Pernikahan di bali sebenarnya sangatlah sederhana yang menjadikannya mahal adalah gengsi yang berlebihan serta mempunyai banyak uang. Banyak juga pemuda dan pemudi yang melangsungkan pernikahan di bali dengan biaya yang sangat murah sesuai dengan budget yang dimiliki.

Dibali banyak juga pemuda dan pemudi yang setelah menikah malah terbebani dengan utang biaya pernikahan, penyebabnya karena ingin pernikahannya terlihat mewah namun melebihi budget uang yang dimiliki sehingga mengharuskannya meminjam puluhan juta ke bank untuk biaya banten pernikahan di bali.

Banyak yang bertanya, berapa sih biaya banten pernikahan adat bali?

Biaya banten pernikahan di bali sangatlah murah yang menjadikan pernikahan di bali menjadi mahal adalah biaya resepsi, biaya makanan dan minuman dan pakaian wedding yang digunakan. Mari kita rinci semua biaya berapa menghabiskan uang untuk pernikahan di bali.

BIAYA BANTEN PERNIKAHAN BALI

Untuk harga banten nganten di bali dari 0 sampai selesai adalah sekitar 15jt - 20jt saja sudah termasuk sesari banten dan biaya pekoleman mangku. Jika membeli banten nikah yang sudah jadi tentunya akan lebih murah ketimbang membuatnya di rumah dengan bantuan krama banjar dan keluarga karena harus menyediakan makan dan minum serta bahan - bahan yang masih tersisa akan dibuang sia - sia.

BIAYA RESEPSI PERNIKAHAN DI BALI

Yang paling banyak memakan biaya pernikahan adalah biaya resepsi dan prawedding di bali. Kita ambil contoh rincian biaya nikah orang bali dengan kriteria menengah

  • Prawedding : Rp.3.000.000
  • Payas Ngidih : Rp.1.000.000
  • Transfortasi : Rp. 1.500.000 ( Sewa mobil minibus kapasitas 20 orang)
  • Dekorasi : Rp. 7.000.000 (Harga tergantung keinginan)
  • Payas Wedding Dan Resepsi : Rp.8.000.000
  • Undangan : Rp. Rp.500.000 (Gunakan undangan online dan beberapa pcs undangan fisik untuk orang - orang penting) 
  • Makanan dan Minuman : Rp. 3.000.000 (Membeli makan yang sudah jadi secara kiloan)
  • Dll

Itu adalah rincian biaya nikah orang bali standar menengah, tentu saja bisa dikurangi beberapa item maupun di tambahkan tergantung budget yang dimiliki serta kondisi yang menyertai. Dan untuk biaya banten ngidih di bali kisaran 5jt - 10jt tergantung adat istiadat setempat.

Biaya persiapan pernikahan bali akan semakin mahal jika mempunyai gengsi yang berlebihan dan menginginkan pernikahan yang mewah. Hal ini tidak menjadi masalah jika banyak membunyai uang tabungan jika hanya memiliki biaya pernikahan yang pas pasan tentunya hal ini akan menjadi masalah setelah upacara pernikahan selesai.

Jika memiliki biaya pernikahan yang sangat minim sekali bisa melangsungkan pernikahan di griya dan untuk biaya pernikahan di griya tentunya bisa di tekan semaximal mungkin. Biasanya biaya pernikahan di griya kisaran 10jt - 20jt dan diupacarai langsung oleh sulinggih langsung. 

Banyak sekali keuntungan melakukan pernikahan di griya selain harganya yang murah, kita juga bisa terhindar dari hal - hal yang bersifat negatif saat melangsungkan pernikahan. 

KESIMPULAN

Jika akan melangsungkan pernikahan di bali gunakanlah Biaya pernikahan sederhana di bali. Dengan membuat pernikahan sederhana jadi kita masih mempunyai tabungan untuk kehidupan baru setelah pernikahan berlangsung.

Jangan sekali - kali meminjam uang yang besar untuk biaya pernikahan karena akan berdampak buruk pada keuangan setelah acara pernikahan selesai.