Cara Print Pet Film Dtf Anti Loss Pada Printer Desktop L1800

Cara print pet film dtf anti loss pada printer desktop seperti L1800 yang sering digunakan untuk proses sablon dtf. Cara agar pet film tidak loss saat melakukan print sablon dtf sangat simple dan mudah sekali dilakukan. Permukaan pet film dtf yang licin dan tipis kadang - kadang tidak terbaca oleh sensor kertas pada printer sehingga mengakibatkan pet film menjadi loss atau paper jump atau gagal dicetak.

Masih di dunia sablon digital, kali ini saya akan membagikan tips menarik untuk yang berkecimpung di dunia sablon dtf. Sablon dtf adalah jenis sablon digital yang menggunakan media printer desktop jenis inkjet untuk proses mencetaknya serta menggunakan pet film sebagai pengganti kertas dan tinta khusus dtf.

Sablon dtf ini sangat berkembang pesat di dunia pensablonan diindonesia karena sablon dtf ini mampu menghasilkan sablon dengan kwalitas hampir sama dengan sablon manual menggunakan tinta plastisol. Sablon dtf ini terbilang lebih gampang di operasikan ketimbang sablon manual karena sablon dtf ini hanya sekali print bisa menghasilkan gambar sablon dengan berbagai warna.

Masalah yang sering timbul saat mengoperasikan sablon dtf ini adalah pet film sablon dtf sering loss saat proses print atau bisa dibilang pet film tidak bisa dibaca oleh sensor kertas. Penyebabnya adalah karena pet film sablon dtf ini ukurannya tipis serta bening dan sedikit licin.

Banyak tukang sablon dtf mengakali masalah ini dengan memasang modul roll to roll pada printer desktop dan terbukti sekali modul roll to roll pada printer dtf ini bisa mengatasi pet film yang loss. Harga modul roll to roll ini bisa terbilang cukup mahal diatas 1 jutaan, yang tentunya akan berpikir dua kali untuk pelaku usaha sablon dtf yang masih pas - pasan.

Untuk mengatasi agar pet film tidak loss saat di print tanpa modul roll to roll sangat simpel sekali dan tentunya tanpa memasang alat tambahan pada printer desktop. Silahkan simak cara print pet film sablon dtf anti loss pada printer desktop seperti L1800.

CARA PRINT PET FILM DTF ANTI LOSS

Cara print pet film dtf anti loss ini terbilang sangat sederhana tanpa bantuan alat tambahan, hanya memanfaatkan settingan feeding dari sheet ke roll feed pada aplikasi acrorip sablon dtf.

1. Silahkan buka dulu cover samping tempat gear seperti foto dibawah ini. Cara membukanya pun cukup gampang sekali.

2. Silahkan membuat gambar yang ukurannya kecil sekali kira - kira 1x1cm atau 2x2cm dalam format png.

3. Tempatkan gambar kecil itu pada bagian akhir kertas sekitar 13 cm. silahkan lihat contoh pada gambar.

4. Sebelum melakukan print silahkan ubah dahulu settingan printer pada acrorip pada bagian feeding dari sheet ke roll feed.

5. Lakukan print seperti biasa dengan kertas A4 tanpa mencengtang Color + white.

6. Tunggu sampai printer benar - benar berhenti untuk melakukan proses print. Jika head sudah kembali pada posisi stand by silahkan langsung keluarkan kertas yang diprint tadi dengan cara memutar gear pada bagian samping yang tutupnya sudah dibuka sampai kertas benar - benar keluar.

7. Masukkan pet film dtf seperti biasa namun langsung masukkan ke bagian dalam printer. Silahkan lihat foto untuk lebih jelasnya.

8. Putar gear lagi sampai pet film dtf muncul sedikit.

9. Langsung lakukan proses print pet film dtf seperti biasa. Dan hasilnya head akan langsung jalan mencetak gambar sablon tanpa perlu menload kertas lagi.

Cara print pet film dtf anti loss ini sudah banyak dipraktekkan oleh para tukang sablon yang memiliki  modal pas - pasan dan tidak ingin membeli modul roll to roll yang terbilang masih mahal.

Ini adalah cara alternatif agar pet film sablon dtf tidak mengalami loss saat melakukan proses print.

Semoga tutorial tentang cara mengatasi pet film dtf yang loss ini bisa bermanfaat untuk para tukang sablon digital dtf yang sedang merintis usaha di bidang sablon dtf.