5 Cara Memperbaiki Playstore Yang Tidak Bisa Dibuka - Ampuh

Ada banyak sekali penyebab dan cara memperbaiki playstore yang tidak bisa dibuka di android seperti xiaomi, oppo, samsung, asus dll. Masalah google playstore tidak bisa dibuka biasanya ada masalah settingan pada hp androidnya.

Para pengguna smartphone android belakangan ini banyak menemui kendala pada aplikasi bawaan android sendiri. Salah satu masalah pada aplikasi android adalah google play store yg tidak bisa dibuka.

Masalah google playtore yg tidak bisa dibuka biasanya terdapat error pada server aplikasi itu sendiri atau error pada android yang digunakan. 

Penyebab Google Playstore Tidak Bisa Dibuka

Adapun penyebab google playstore tidak bisa di buka di android seperti :

  1. Jaringan internet yang terganggu.
  2. Memory hp android yang penuh.
  3. Ram hp yang penuh.
  4. Aplikasi playstore mengalami error.

Terdapat beberapa Cara perbaiki play store yg tidak bisa dibuka tanpa harus membawanya ke tukang service hp. Cara memperbaiki playstore yang tidak bisa dibuka ini bisa dipraktekkan langsung pada smartphone yang mengalami error google playstore tidak bisa di buka.

Cara Memperbaiki Playstore Yg Tidak Bisa Dibuka

1. Cek Jaringan Internet

Pertama jika google play store tidak bisa dibuka, silahkan cek jaringan internet yang digunakan. Jika jaringan internet sedang mengalami masalah atau paket internet sudah habis maka itulah penyebab mengapa google playstore tidak bisa dibuka. Google play store membutuhkan jaringan internet untuk membukanya jadi pastikan jaringan internet sedang dalam kondisi maximal.

2. Memory RAM Hp Penuh

Memory hp yang penuh pada hp android dapat berakibat lambatnya membuka suatu aplikasi pada smartphone android. Memory Ram yang penuh juga berdampak pada error saat membuka aplikasi google playstore. Salah satu Cara memperbaiki play store yg tidak bisa dibuka adalah menutup semua aplikasi yang sedang terbuka sehingga kapasitas memory ram bisa normal kembali.

3. Server Google Playstore Error

Google play store yang tidak bisa dibuka karena aplikasi playstore sedang mengalami gangguan atau sedang dalam perbaikan. Jika hal ini terjadi biasanya pengguna android hanya bisa menunggu sampai server google playstore yang error normal kembali.

4. Google Play Store Tidak Terupdate

Untuk mengatasi google playstore tidak bisa dibuka adalah dengan cara mengupdate google playstore ke yang versi terbaru. Caranya silahkan pergi ke pengaturan - Aplikasi - Google playstore. Jika sudah ketemu aplikasi google playstore di pengaturan hp silahkan pilih hapus semua data dan cache kemudian sambungkan hp ke internet dan buka kembali google playstorenya.

Cara memperbaiki playstore yg tidak bisa dibuka ini sangat ampuh dan bisa normal kembali setelah melakukan restart hp.

5. ROM Android Versi Bajakan

Selain penyebab - penyebab google playstore tidak bisa dibuka yang sudah dijelaskan tadi, penyebab lainnya adalah versi ROM android bajakan atau versi rom android bukan yang resmi buatan pabrik melainkan versi oprek agar bisa disisipkan aplikasi tambahan.

Rom android bajakan mempunyai ciri - ciri versi yang berbeda saat di cek pada pengaturan hp - tentang ponsel. Jika mendapatkan rom android versi bajakan segera melakukan flash ke versi rom android resmi sesuai dengan versi dan tipe merk ponsel android yang digunakan. 

Rom android bajakan menjadi salah satu penyebab error playstore tidak bisa dibuka dan cara memperbaiki play store yg tidak bisa dibuka adalah dengan melakukan flash ulang ke versi rom resmi.

KESIMPULAN

Itulah beberapa cara memperbaiki playstore yang tidak bisa dibuka di android seperti xiaomi, oppo, samsung, asus. Silahkan menggunakan cara memperbaiki error playstore yg tidak bisa dibuka seperti yang dijelaskan di atas sebelum membawanya ke tukang service hp.