3 Posisi Tidur Yang Baik dan Benar Untuk Kesehatan

Halo sobat Dewatadotcom, Pada umumnya setiap orang dalam kisaran waktu 24 jam harus tidur atau mengistirahatkan tubuhnya. Tidur juga salah satu cara tubuh mengeluarkan racun dalam tubuh dan memperbaiki tubuh yang mengalami masalah akibat kelelahan atau kecapean.

Tidur yang baik dan benar berdasarkan ilmu kesehatan harus min 8 jam dalam sehari, ini dapat membantu memulihkan kesehatan kita, karena jika tidur kita kurang dari 8 jam dan dilakukan secara jangka panjang maka sobat akan merasakan effect nya seperti gampang kelelahan, mata berubah menjadi hitam atau disebut mata panda, muka menjadi pucat dll.

Posisi tidur juga tidak boleh sembarangan, karena bisa berdampak buruk untuk kesehatan seperti leher sakit saat bangun, punggung sakit bahkan kesemutan itu di karenakan posisi tidur kita yang salah. Jika sobat sering mengalami sakit seperti itu sebaiknya sobat mengubah gaya tidur sobat.

Bahkan hal yang lebih buruk karena tidak mengaplikasikan posisi tidur yang baik dan benar adalah dapat menghambat saluran pernapasan ke paru - paru yang dapat menyebabkan penyakit apnea tidur obstruktif, dimana racun yang dikeluarkan lewat otak saat tidur menjadi lambat.

Posisi Tidur Yang Baik dan Benar Untuk Kesehatan

Maka dari itu sobat dewatadotcom harus tau posisi tidur yang baik dan benar untuk kesehatan sobat. Silahkan simak rangkuman berikut ini.

1. POSISI TIDUR MENYAMPING

Posisi tidur yang baik dan benar pertama adalah posisi tidur menyamping, posisi tidur ini dapat menjaga sobat dari dengkuran dan menjaga kesehatan penjcernaan serta mengurangi mulas di perut sobat jika posisi tidurnya menyamping ke kiri. Posisi tidur ini sangat direkomendasikan dilakukan setiap malam.

2. POSISI TIDUR TELENTANG

Posisi tidur yang di rekomendasikan lainnya adalah posisi tidur Telentang. Posisi tidur dengan cara telentang ini dapat membuat tubuh lebih optimal karena posisi tidur telentang ini disebut - sebut dapat melindungi tulang belakang dan dapat meredakan nyeri pinggul dan lutut. posisi tidur dengan cara telentang ini dapat menjaga punggung atau sendi - sendi dari tekanan.

Posisi tidur ini tidak dapat dilakukan jika di dalam tubuh sobat memiliki riwayat seperti, penyakit apnea yaitu penyakit yang dapat menyebabkan nafas terhenti secara tiba - tiba saat tidur dan juga posisi tidur telentang ini tidak cocok untuk seseorang yang mempunyai riwayat sakit punggung.

3. POSISI TENGKURAP

Posisi tidur tengkurap ini sangat cocok untuk seseorang yang suka mendengkur saat tidur dan seseorang yang memiliki penyakit apnea. Walaupun manfaat dari tidur telentang ini bagus namun sebagian orang mengatakan posisi tidur dengan gaya telentang ini sangat tidak nyaman dan dapat menyebabkan masalah sakit pada leher dan otot bahkan merasa lelah setelah bangun dari tidur dengan posisi tengkurap ini.

Jika sobat mengharuskan posisi tidur tengkurap ini untuk kesehatan sobat bisa mengakalinya dengan menaruh bantal di area perut bagian bawah. Dengan begitu sobat akan lebih merasa nyaman.

Itulah posisi tidur yang baik dan benar untuk kesehatan. Namun sobat harus menyesuaikannya juga dengan kondisi dan riwayat penyakit sobat agar posisi tidur ini tidak membuat penyakit sobat lebih parah gara - gara salah tidur.

Semoga bermanfaat.