Pola Makan Sehat Dan Gizi Seimbang Agar Panjang Umur

PENGERTIAN POLA MAKAN SEHAT

Pola makan sehat adalah suatu kebiasaan kita sehari - hari dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gizi dan bermanfaat bagi tubuh kita serta mengurangi makanan junk food.

Pola makan sehat sangat di anjurkan oleh dokter - dokter diseluruh dunia karena dengan pola makan sehat tubuh kita dapat terhindar dari berbagai penyakit mulai dari penyakit yang biasa sampai penyakit yang berat.

Saat kita memasuki sekolah TK ( Taman Kanal - Kanak ) dulu, kita biasa di ajari makan 4 Sehat 5 sempurna oleh para guru yang mengajar. Sejak dini sebenarnya kita sudah diajarkan untuk pola makan sehat namun seiring bertambahnya usia, kebanyakan kita sudah tidak menghiraukan pola makan sehat lagi yang penting perut terisi.

RATA - RATA UMUR MANUSIA MODERN SEKARANG


Berdasarkan riset yang dilakukan disalah satu universitas di amerika mengatakan Rata - rata umur manusia zaman modern ini lebih pendek dari rata - rata umur manusia sebelum mengenal teknologi.

Dahulu manusia dapat bertahan hingga umur di atas seratus dan pada zaman modern ini rata - rata manusia berusia tidak lebih dari 50 - 65 tahun. Hal ini disebabkan karena pada zaman sebelum mengenal teknologi orang - orang biasa makan makanan sehat tanpa pengawet dan makanan alami dari alam yang mengandung nilai gizi dan vitamin yang sangat banyak. 

Sedangkan pada zaman yang penuh dengan teknologi ini orang - orang berlomba - lomba menciptakan makanan yang siap saji dengan pelayanan cepat atau sering di sebut makanan fast food. Makanan fast food ini banyak mengandung pengawet karena makanan ini dapat bertahan berminggu - minggu di dalam frezzer.

Semakin banyaknya kita makan makanan yang mengandung bahan pengawet mulai dari proses penanaman menggunakan bahan kimia sampai proses memasak juga membutuhkan bahan - bahan pengawet yang membuat nilai gizi dari makanan tersebut berkurang.

Hal inilah penyebab manusia zaman modern ini umurnya pendek - pendek. Selain faktor makanan, jarang olahraga juga menjadi faktor lainnya penyebab umur manusia pendek, karena di zaman modern ini kita didukung oleh kendaraan bermotor yang membuat kita semakin jarang berjalan kaki.

PEDOMAN GIZI SEIMBANG YANG PERLU DI KETAHUI

  1. Biasakan minum air putih yang banyak untuk tubuh
  2. Biasakan makan makanan tanpa pengawet kimia
  3. Membiasakan diri sarapan pagi sebelum beraktifitas
  4. Perbanyak makan sayur dan buah - buahan
  5. Kurangi makan makanan yang mengandung pemanis berlebihan
  6. Perbanyak makan makanan berprotein tinggi
  7. Olahraga yang teratur agar fisik menjadi ideal

Kebiasaan - kebiasaan buruk dalam mengatur pola makan harus kita buang dan rubah sedikit demi sedikit agar tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Penyakit pada manusia sebenarnya berasal dari makanan yang kita makan. Kalau kita memakan makanan sehat maka tubuh kita akan menerima dengan positif tapi kalau pola makan kita berantakanan dan sering makan makanan yang mengandung zat berbahaya maka dengan cepat kita akan terserang penyakit.

MANFAAT MENERAPKAN POLA MAKAN SEHAT

  1. Mengurangi resiko penyakit kronis
  2. Mengurangi kelebihan berat badan
  3. Organ tubuh akan berfungsi maximal
  4. Panjang umur
  5. Muka terlihat lebih bercerah
  6. Tidak gampang sakit - sakitan

CONTOH POLA MAKAN SEHAT YANG BAIK DAN BENAR

  1. Makan dengan teratur Pagi, Siang, Sore
  2. Minum 2 liter air putih dalam sehari atau 8 gelas air putih
  3. Makan makanan sesuai dengan pedoman gizi seimbang
Itu adalah beberapa rangkuman Pola Makan Sehat dan Gizi Seimbang agar umur kalian panjang. Terapkan pola makan sehat dan gizi seimbang mulai dari sekarang agar kedepannya bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.