Cara Menghilangkan Sisa Lem Powder Adhesive Sablon Dtf

Cara menghilangkan sisa lem adhesive powder pada kaos setelah di press pada sablon Dtf. Sisa lem pada pinggiran sablon dtf yang masih menempel pada kaos dapat mengurangi kwalitas pada kaos yang akan disablon dan akan terlihat kotor jika setelah dicuci.

 Sablon dtf atau sablon digital transfer film merupakan teknik sablon terbaru yang menggunakan metode print gambar di atas pet film lalu ditambahkan bubuk adshesive powder kemudian dipress diatas kaos polos.

Banyak sekali kendala yang sering ditemui pada sablon dtf, salah satunya adalah sisa bubuk powder yang menempel pada kaos polos setelah dipress pada sablon dtf. Sisa lem powder adhesive yang menempel pada baju kaos setelah dipress disebabkan karena bubuk powder adhesive masih menempel di pinggiran pet film dan setelah melakukan proses press pada sablon dtf sisa bubuk adhesive powder tersebut akan ikut menempel pada baju kaos.

PENYEBAB SISA LEM POWDER ADHESIVE IKUT MENEMPEL PADA KAOS DTF

Ada beberapa penyebab yang menyebabkan muncul sisa lem powder adhesive pada pinggiran sablon dtf setelah dipress pada mesin press, mulai dari bahan yang digunakan sampai kondisi ruangan tempat sablon dtf berada.

Penyebab banyak lem adhesive dtf menempel pada kaos:

  1. Coatingan Pet Film dtf yang tipis.
  2. Kondisi pet film dtf yang lembab.
  3. Bubuk adhesive dtf lembab atau basah.
  4. Bubuk adhesive dtf terlalu kasar.
  5. Kurang disentil saat setelah proses tabur bubuk adhesive pada gambar yang sudah di print di pet film dtf.

CARA MENGHILANGKAN SISA LEM POWDER ADHESIVE DTF

Ada banyak sekaki cara mengatasi sisa lem powder adhesive pada baju kaos yang sering dipakai oleh para tukang sablon digital. Cara ini terbilang cukup sederhana dan tidak memakan biaya tambahan.

Silahkan disimak cara menghilangkan sisa bubuk lem adhesive dtf yang menempel pada kaos setelah di press.

1. Gunakan Coatingan Pet Film Dtf Yang Tebal

Dengan menggunakan coatingan pet film dtf yang tebal maka pet film tidak akan mengalami kelembabpan yang berlebihan pada kondisi ruangan yang lembab. 

Para tukang sablon dtf juga bisa menjemur terlebih dahulu pet film yang akan digunakan dibawah sinar matahari agar pet film sablon dtf berada pada kondisi yang kering.

2. Sentil Pet Film Dtf Secara Maximal

Pada saat setelah proses menabur bubuk adhesive pada pet film dtf, diusahakan disentil - sentil secara maximal agar semua bubuk adhesive yang berada di luar gambar dapat terangkat secara maximal. Cara ini khusus untuk pengguna sablon dtf yang tidak menggunakan mesin dtf otomatis.

3. Menggunakan Kertas HVS

Jika bubuk adhesive masih menempel pada pinggiran gambar sablon dtf, sobat bisa menggunakan kertas hvs untuk menghilangkannya. Caranya setelah selesai pada proses press pertama menggunakan mesin press, sobat bisa tutup bagian sablon menggunakan kertas hvs yang bersih kemudian press lagi selama 5 detik dan angkat selagi masih panas.

Cara menghilangkan lem sdhesive pada pinggiran kaos sablon dtf ini terbilang sangat ampuh dan dapat membuat sablon dtf pada kaos menjadi bersih dan rapi.

4. Menggunakan Pet Film Bekas Pakai

Metode menghilangkan sisa lem pada pinggiran kaos sablon dtf ini caranya sama dengan menggunakan kertas hvs. Namun jika menggunakan pet film bekas pakai sobat bisa menggunakan bagian belakang pet film atau bagian yang tidak bisa di print kemudian tempatkan pada gambar sablon pada kaos dan press selama 5 detik kemudian angkat selagi panas.

KESIMPULAN

Cara menghilangkan sisa lem adhesive pada pinggiran sablon dtf ini sudah sering dilakukan oleh para tukang sablon digital. Cara menghapus sisa lem adhesive sablon dtf dapat menggunakan semua metode yang sudah dijelaskan tadi. Dengan metode tersebut sobat bisa menghilangkan sisa lem yang menempel pada kaos setelah di press pada sablon dtf.

Semoga informasi tentang cara menghilangkan sisa bubuk adhesive pada kaos bisa bermanfaat bagi semua tukang sablon digital.