8 Khasiat Arak Bali Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat dan khasiat arak bali murni untuk kesehatan tubuh. Meminum minuman tradisional khas bali atau yang lebih dikenal dengan arak bali sesuai dengan takaran dan tidak secara berlebihan ternyata dapat bermanfaat sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

PENGERTIAN ARAK BALI

Arak adalah Minuman beralkohol yang dibuat dari hasil fermentasi dari beberapa jenis pohon seperti pohon kelapa, pohon aren atau pohon ental (lontar). Pada zaman dahulu arak bali sering digunakan oleh masyarakat traditional untuk menghangatkan tubuh saat musim dingin dan sebagai obat untuk orang sakit yang dicampur dengan rempah - rempah pilihan.

Pada zaman modern ini minuman khas bali atau arak bali masih tetap terjaga kelestariannya bahkan sudah bisa go international sebagai minuman beralkohol khas bali yang sering digunakan untuk membuat minuman campuran atau cocktail di tempat - tempat hiburan. 

Stigma negatif tentang arak bali di pulau dewata sangat tinggi sekali. Hal ini dikarenakan banyak sekali anak - anak muda terutama yang dibawah umur sering mengkonsumsi alkohol jenis arak secara berlebihan dan membuat kerusuhan setelah mengkonsumsi alkohol. Hal inilah yang membuat stigma negatif tentang arak bali di pulau dewata.

Jika dikonsumsi dengan takaran dan tidak secara berlebihan, ternyata arak bali mempunyai banyak sekali manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

Silahkan disimak baik - baik khasiat arak bali bagi kesehatan tubuh.

KHASIAT ARAK BALI

Ada beberapa khasiat arak bali bagi tubuh jika diminum sesuai dengan takaran dan tidak diminum secara berlebihan.

1. Untuk Menghangatkan Tubuh

  • Ketika musim dingin tiba, arak bali bisa membantu tubuh kita agar tetap terjaga kehangatannya. Dengan meminum 1 - 2 shot setiap hari saat musim dingin tiba dan dianjurkan meminum arak sesudah makan.

2. Dapat Menambah Mental

  • Untuk teman - teman yang pemalu dan takut terhadap keramaian, arak bali menjadi solusi yang tepat. Salah satu Efek samping dari arak bali jika diminum 3 - 6 shot sebelum beraktifitas dengan keramaian, akan membuat mental tetap terjaga dan akan  selalu merasa percaya diri.

3. Dapat Dipakai Untuk Obat Luar

  • Ketika merasa sakit atau tubuh pegal - pegal, arak bali dapat dijadikan sebagai obat untuk mengobati tubuh panas dingin dan pegal - pegal dengan cara mencampurkan arak murni dengan cengkeh yang sudah dihaluskan lalu melumuri tubuh dengan ramuan tersebut. Seketika tubuh akan merasa hangat dan nyaman.

4. Mengobati Sakit Gigi

  • Arak murni mengandung sekitar 30 - 40% alkohol, jika dikumur pada gigi yang sakit arak bali dapat meredakan dan menghilangkan rasa sakit gigi.

5. Menghilangkan Hidung Tersumbat atau Pilek

  • Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan arak bali murni adalah dengan cara menghirup uap arak bali yang dipanaskan secara langsung lewat hidung. Uap arak murni bali yang sudah mengandung alkohol dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab pilek dan hidung tersumbat. 

6. Menghilangkan Stress Yang Berlebihan

  • Efek samping dari arak bali adalah dapat menetralkan kondisi otak yang sembrarut atau sedang mengalami stress. Untuk dapat menghilangkan stress yang berlebihan perlu meminum arak bali sampai otak bisa merasa tenang kira - kira 5 - 10 shot arak murni.

7. Sebagai Obat Tidur Nyenyak

  • Jika merasa susah tidur saat malam hari perlu mencoba resep dari arak bali ini. Minumlah arak bali sekitar 3 - 6 shot dan tunggu beberapa menit maka mata akan merasa sedikit pusing dibarengi dengan ngantuk dan perasaan segera ingin tidur.

8. Menjada Kesehatan Mulut

  • Arak bali murni yang mengandung alkohol sekitar 30 - 40% dan tanpa bahan kimia sangat cocok sekali untuk berkumur dan menjaga kesehatan gigi serta tetap terhindar dari bau mulut yang berlebihan.

EFEK SAMPING ARAK BALI

Jika meminum arak bali secara berlebihan dalam 24 jam dan dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan timbulnya efek samping setelah meminum arak bali mulai dari efek samping sedang sampai berat. 

Beberapa efek samping arak bali jika di konsumsi secara berlebihan:

  1. Muntah berulang - ulang.
  2. Gangguan hati.
  3. Kerusakan pada ginjal atau gagal ginjal.
  4. Kecanduan berlebihan.
  5. Kerusakan saraf otak
  6. Kerusakan hormon terutama sperma.
  7. Lemak perut menumpuk.

KESIMPULAN

Untuk menjaga khasiat arak bali untuk kesehatan tubuh diusahakan selalu mengkonsumsi minuman arak bali sesuai takaran dan tidak dikonsumsi secara berlebihan karena akan berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Jika mengkonsumsi minuman arak bali secara berlebihan dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh.