Cara Membuat Arak Infuse Berkelas

Cara membuat arak infuse dengan olahan buah - buahan segar dan dengan metode arak infuse yang benar akan menghasilkan arak infuse yang mempunyai aroma segar dan rasa yang nikmat ketika diminum.

Arak adalah minuman tradisional khas bali yang terbuat dari hasil fermentasi pohon kelapa, pohon ental atau pohon aren. Kabupaten pembuat arak terbesar di bali terletak di kabupaten karangasem. 

Pada zaman modern ini arak sudah diperjual belikan secara legal di tempat - tempat hiburan seperti cafe, restaurant, club dan hotel - hotel berbintang. Banyak sekali bartender di bali mengkreasikan arak bali dengan berbagai metode dan campuran untuk menghasilkan rasa arak yang berbeda - beda.

Salah satu metode arak bali yang terkenal saat ini adalah arak infuse dengan campuran berbagai macam buah - buahan segar dan dapat menghasilkan arak bali yang mempunyai rasa dan aroma yang khas.

PENGERTIAN ARAK INFUSE

Arak infuse merupakan suatu proses pencampuran antara arak bali dengan buah - buahan segar dan direndam di dalam toples kaca dengan kurun waktu tertentu agar dapat menghasilkan rasa dan aroma yang khas dari buah - buahan tersebut.

Buah - buahan yang sering dipakai untuk membuat arak infuse di bali adalah sebagai berikut:

  1. Apel
  2. Jeruk
  3. Salak Bali
  4. Straberry
  5. Lemon
  6. Jeruk Nipis 
  7. Anggur 
  8. Jahe

Dari buah - buahan tersebut jika direndam dengan arak bali akan menghasilkan rasa dan aroma yang sangat nikmat sekali, hal itu dikarenakan sari - sari dari buah - buahan tersebut berpindah dan tercampur dengan arak bali dan disebutlah arak infuse bali.

CARA MEMBUAT ARAK INFUSE

BAHAN

1. Arak Murni

  • Untuk membuat arak infuse yang berkelas dibutuhkan arak murni asli yang belum tercampur dengan bahan - bahan lain. Hal ini bertujuan agar rasa dari buah - buahan yang dihasilkan nanti bisa pekat dan sesuai dengan rasa buah yang di infuse.

2. Buah Segar

  • Selalu gunakan buah - buahan yang segar untuk proses infuse arak bali karena buah - buahan segar memiliki rasa dan aroma yang fresh atau segar. Hindari menggunakan buah - buahan yang memiliki rasa pahit dan terlalu asam karena rasa arak yang pahit jika dicampur dengan buah - buahan yang pahit akan menghasilkan rasa arak yang tambah pahit.

3. Toples Kaca

  • Untuk proses perendaman dianjurkan menggunakan toples kaca yang berukuran besar dengan penutup yang rapat dan hindari menggunakan toples plastik maupun toples aluminium. Hal ini bertujuan karena sifat arak yang mengandung alkohol jika di rendam dengan bahan plastik maka lama kelamaan plastik tersebut akan dimakan oleh arak itu sendiri begitu juga dengan bahan aluminium. Selain itu rasa yang dihasilkan merendam arak di bahan plastik berbeda jauh dibandingkan merendam arak infuse di toples berbahan kaca.

PROSES

  1. Tuangkan arak bali murni ke dalam toples yang akan digunakan untuk proses infuse arak bali.
  2. Potong buah - buahan yang akan di infuse. Takarannya setengah dari toples yang digunakan, jika potongan buah terlalu sedikit proses infuse arak akan berjalan lebih lama dan rasa yang dihasilkan tidak akan pekat.
  3. Jika arak bali dan potongan buah - buahan sudah dicampurkan di dalam toples kaca, sekarang tutup rapat toples kaca agar alkohol dari arak bali tidak bisa keluar.
  4. Proses perendaman arak infuse membuatuhkan waktu sekitar 2 - 5 hari dan selalu cek rasa dan aroma setelah 48 jam atau 2 hari, jika dirasa kurang maka tutup kembali dan diamkan selama beberapa hari kedepan.
  5. Jika dirasa aroma dan rasa arak infuse sudah pas maka langkah selanjutnya adalah menyaring arak infuse yang sudah jadi ke botol lain dan simpan pada kondisi ruangan.

CIRI - CIRI ARAK INFUSE YANG BERKELAS

  1. Memiliki aroma yang pekat sesuai aroma buah.
  2. Rasa yang pekat sesuai rasa buah - buahan yang di infuse.
  3. Rasa arak lembut saat diminum.

Arak infuse bisa dikatakan arak flavor atau arak berasa yang dibuat tanpa bahan - bahan kimia atau perasa buatan. Arak infuse banyak di jual di cafe - cafe dan tempat - tempat nongkrong di bali dengan harga yang bervariasi. 

Selalu ingat jangan meminum arak terlalu berlebihan karena akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh dan sebaliknya jika meminum arak bali sesuai dengan takaran maka arak bali dapat berkhasiat baik bagi kesehatan tubuh.