1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

3 Cara Memperbaiki Kartu Memori Yg Rusak Terbaru

Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat yang sangat bisa sekali dilakukan. Kartu memori yang rusak dapat menyebabkan data - data penting yang ada di dalam kartu memory card menjadi hilang dan terhapus selamanya. Maka dari itu jika mempunyai kartu memory yang rusak, harus segera di perbaiki.

Cara memperbaiki kartu sd card yang rusak memang susah - susah gampang tergantung dari tingkat kerusakan dan penyebab kerusakannya. Maka dari itu silahkan simak artikel tentang cara memperbaiki kartu memori yang rusak ini, semoga dapat membantu.

Banyak sekali pertanyaan tentang " bagaimana cara memperbaiki kartu sd yang rusak ?" Pertanyaan tersebut banyak di dapatkan oleh tukang service hp. Ada banyak sekali faktor - faktor yang menyebabkan kartu sd error atau kartu memori sd rusak.

PENYEBAB KARTU MEMORI SD RUSAK

" kenapa kartu sd bisa rusak? " Penyebab - penyebab umum kartu sd rusak maupun kartu sd error adalah sebagai berikut.

  1. Kwalitas kartu SD tidak original alias kartu memori SD kw.
  2. Sering mencabut dan memasang kartu memori hp.
  3. Umur pemakaian kartu sd.
  4. Kuningan pada chip kartu memori rusak atau terkelupas.
  5. Kartu memori card kotor.
  6. Memori card terkena air.

Itu merupakan penyebab umum yang sering menyebabkan kartu memori menjadi rusak. Penyebab - penyebab tersebut menjadi salah satu biang kerok penyebab kartu sd tercabut tiba - tiba. ada beberapa teknik ampuh untuk cara memperbaiki kartu memori yang rusak total di android baik di hp xiaomi maupun di hp sampung.

Kartu SD yang bagus adalah kartu memori sd yang original. Jadi silahkan membeli kartu memori sd original agar pemakaian lebih lama dan awet serta menghindari terjadinya error pada kartu sd.

CARA MEMPERBAIKI KARTU MEMORI YANG RUSAK

1. Pastikan Penyebab Kerusakan Kartu Memori SD

Sebelum berlanjut ke cara memperbaiki kartu sd yang rusak, tolong dipasikan dulu penyebab kartu sd error. Apakah karena pemakaian yang asal - asalan atau karena umur kartu sd sudah tua. Jika penyebab kerusakan sudah diketahui maka cara membenarkan kartu sd yang rusak akan sangat gampang sekali.

2. Bersihkan Kartu Memori

Cara mengatasi kartu sd yang rusak atau tidak terbaca salah satunya adalah dengan cara membersihkan kartu memori sd nya. Cara membersihkannya adalah menggunakan kain halus yang kering dan bersihkan pada kuningan kartu memori sd card. Salah satu penyebab kartu sd tercabut tiba - tiba adalah karena kuningan pada kartu sd kotor. Cara ini sangat ampuh sekali untuk memperbaiki kartu sd yang rusak tanpa memformatnya.

3. Format Kartu SD

Jika cara diatas tidak bisa dilakukan atau sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil maka jalan terakhir adalah dengan cara format kartu memori yang rusak total. Memformat kartu sd akan menyebabkan penyimpanan kartu sd menjadi hilang.

Cara format kartu sd yang terbaik adalah menggunakan laptop maupun komputer. Namun jika tidak memiliki laptop bisa download aplikasi format sd card di google playstore. Namun kadang - kadang Kartu sd tidak bisa diformat hal ini dikarenakan aplikasi yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kartu sd yang akan diformat.

Cara memformat kartu sd yang tidak bisa diformat adalah dengan cara mencolokkannya ke komputer maupun laptop dan lakukan proses format. Karena fitur format di laptop lebih lengkap dibandingkan format kartu memori sd dengan hp android.

Jika mengalami kartu sd tidak terbaca di hp samsung j2 prime maupun di hp xiaomi, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah coba memasang kartu memori sd yang tidak terbaca ke hp lain. Jika hasilnya sama tidak terbaca juga maka dipastikan kartu memori sd card sudah mengalami error atau rusak.

KESIMPULAN

Untuk mengurangi resiko kartu memori rusak maupun error maka belilah kartu memori sd card yang original dan bergaransi. Walaupun harganya sedikit mahal namun bisa awet dan tahan lama ketimbang memori kartu sd merk kw. Selalu berhati - hati dalam menggunakan memori card android karena ukurannya yang kecil sangat gampang sekali terkena air maupun terjatuh.

Posting Komentar

Posting Komentar