Gratis Premium Akun Envato Element, Grammarly, Canva Telegram Group

Cara Mengetik Bahasa Arab Di Laptop Atau Komputer

Cara mengetik bahasa arab dilaptop maupun di komputer PC sebenarnya sangat mudah dilakukan jika mengetahui cara setting bahasa arab di laptop atau komputer. Namun banyak juga pengguna laptop dan PC belum mengetahui caranya menggunakan dan mengetik dengan bahasa arab dengan keyboard laptop bahasa arab.

Virtual Keyboard Arab

Artikel ini akan membahasa secara lengkap cara mengganti keyboard laptop dengan keyboard bahasa arab. Cara ini dapat diterapkan do laptop windows 10 maupun di komputer PC dengan menggunakan windows 10 juga. 

KeyBoard Bahasa Arab Di Laptop

Keyboard bahasa arab adalah suatu software yang mampu merubah keyboard menjadi huruf arab hijaiyah. Biasanya digunakan oleh orang - orang khusus yang ingin membuat artikel tentang bahasa arab atau mengirim surat ke teman - teman di negara arab, sehingga perlu instal keyboard bahasa arab untuk memudahkan proses mengetik dengan huruf arab hijaiyah.

Salah satu cara yang efektif merubah keyboard ke huruf arab adalah dengan menggunakan On Screen Keyboard atau Virtual keyboard arab. On screen keyboard adalah keyboard yang akan muncul pada screen laptop kita dengan bahasa yang sudah disetting terlebih dahulu. Jika memilih bahasa arab maka virtual keyboard laptop atau pc akan menampilkan keyboard dengan huruf arab atau Huruf hija'iyah. On screen keyboard sangat membantu sekali jika ingin mengetik dengan bahasa arab tanpa harus meraba - raba huruf arab satu persatu pada keyboard.

Cara Mengaktifkan Bahasa Arab Di Laptop Atau PC

Sebelum ke langkah mengaktifkan virtual keyboard di laptop, langkah pertama yang perlu disiapkan adalah laptop atau komputer sudah terinstal bahasa arab. Jika belum menggunakan bahasa arab di laptop silahkan ikuti tutorial mengaktifkan bahasa arab di laptop dan komputer windows 10.

  1. Pertama klik menu start dan pilih setting.
  2. Selanjutnya pilih menu waktu dan bahasa.
  3. Pada menu selanjutnya pilih bahasa.
  4. Pilih tambah bahasa dan pilih tambah bahasa arab.
  5. Terakhir aktifkan bahasa arab di windows 10.

Cara Mengaktifkan On Screen Keyboard Huruf Arab

Jika bahasa arab sudah di instal di windows 10 maka langkah selanjutnya adalah mengaktifkan virtual keyboard huruf arab atau on screen keyboard bahasa arab. Silahkan simak cara mengaktifkan on screen keyboard bahasa arab di laptop atau komputer.

  1. Silahkan klik kanan pada taskbar windows 10 (Taskbar adalah tempat paling bawah layar monitor tempat jam, sinyal, icon dll)
  2. Selanjutnya pilih menu Show Touch Keyboard Botton .
  3. Langkah selanjutnya adalah klik icon keyboard yang muncul di taskbar pojok kanan bawah dekat dengan jam.

Setelah klik icon keyboard maka akan muncul virtual keyboard bahasa arab di layar komputer dan ketika mengetik dengan keyboard asli maka keyboard virtual on screen keyboard akan hilang secara otomatis dan dapat di muncukan kembali dengan klik icon keyboard di pojok kanan bawah.

Cara Menggunakan On Screen Keyboard / Virtual Keyboard Bahasa Arab

  1. Pertama munculkan on screen keyboard dengan klik icon keyboard.
  2. Langkah selanjutnya pilih menu ENG dan ganti dengan bahasa arab.
  3. Untuk menambah menu harakat pada tulisan arab silahkan klik tanda panah keatas pada on screen keyboard.
  4. Virtual keyboard arab sudah siap digunakan.
Jika tulisan huruf arab dirasa kecil silahkan ubah pada settingan agar huruf arab pada keyboard bisa sedikit lebih besar untuk memudahkan dalam proses mengetik dengan keyboard arab di laptop.
Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment