Gratis Premium Akun Envato Element, Grammarly, Canva Telegram Group

Cara Agar Printer DTF Tidak Gampang Buntu

Dunia sablon di indonesia semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih saat ini. Saat ini para tukang sablon di indonesia mulai beralih ke sablon digital seperti sablon DTF dan Sablon DTG yang pengoperasiannya menggunakan printer yang sudah dimodifikasi untuk memudahkan menggunakan sablon digital.

Cara Mengatasi Printer DTF Buntu

Banyak sekali keuntungan menggunakan sablon digital khususnya sablon DTF dan DTG. Salah satu kelebihan sablon dtf maupun dtg yang disukai oleh para tukang sablon adalah bisa mencetak sablon baju secara satuan dan mencetak dengan full color serta proses pembuatan sablon baju digital bisa dibilang lebih cepat dari sablon manual.

Dibalik keuntungan menggunakan sablon digital maupun kelebihan menggunakan sablon digital tersebut, masih banyak keurangan - kekurangan pada sablon digital khususnya sablon dtf yang malah bisa membuat para tukang sablon yang menggunakan sablon dtf menjadi rugi karena kurangnya pengetahuan cara merawat printer dtf.

Dampak Printer DTF Tidak Dirawat

Jika sudah membeli printer dtf maka wajib hukumnya melakukan perawatan agar printer dtf bisa semakin awet dan meminimalisir kerusakan pada printer khususnya kerusakan pada printhead dtf. Beberapa ini rangkuman tentang bahaya printer dtf jika kurang dirawat dengan baik.

1. Print Head Buntu atau Mampet

Sudah banyak kasus di group dtf yang membahas tentang banyaknya pengguna printer dtf yang mengalami head dtf buntu padahal printer dtf baru dibeli dan baru diorepasikan beberapa hari saja. Penyebab dari head dtf buntu ini adalah operator dtf atau tukang sablon dtf nya belum paham tentang perawatan yang harus dilakukan agar printer dtf bisa menjadi awet. Selain itu penggunaan tinta dtf yang sembarangan dan belum teruji ramah head juga bisa menyebabkan head printer dtf menjadi buntu. Maka dari itu silahkan pilih vendor tinta dtf yang sudah teruji keamanannya dan jangan selalu membeli tinta dtf yang murah namun belum teruji yang ujung - ujungnya printhead dtf menjadi buntu.

2. Nozzle Check DTF Putus - Putus

Ketika printer dtf sudah selesai digunakan dan keesokan harinya ingin digunakan lagi, biasanya nozzle check printer dtf akan menjadi putus - putus hal ini disebabkan karena sisa tinta dtf yang ada di printhead dtf mengeras dan menyumbat jalannya tinta keluar dari print head dtf. Solusi untuk mengatasi nozzle check putus - putus pada printer dtf adalah dengan melakukan head cleaning pada printer dtf sebanyak 2x - 3x sampai nozzle check dtf menjadi normal kembali.

3. Tinta DTF Menjadi Tipis

Dampak negatif printer dtf jika tidak dirawat adalah bisa menyebabkan hasil cetak sablon dtf menjadi tipis terutama tinta putihnya. Jika tinta putih tipis akan berakibat warna sablon dtf ketika di press di mesin press dtf menjadi migrasi dengan warna baju kaos gelap serta sablon dtf akan menyebabkan pecah - pecah dan retak ketika dicuci dan dijemur. Solusi untuk mengatasi ini adalah selalu mengocok tinta dtf baik yang di tabung tinta dan di cartridge printer khususnya tinta dtf warna putih agar tinta putih dtf menjadi pekat kembali.

Cara Agar Printer DTF Tidak Gampang Mampet

Para tukang sablon digital khusunya sablon dtf harus mengetahui cara agar printer dtf tidak gampang mampet ketika printer dtf tidak dipakai untuk beberapa hari. Biasanya jika printer dtf tidak dipakai salam seminggu maka ada kemungkinan print head dtf akan buntu atau print head dtf menjadi mampet. Berikut ini solusi printer dtf anti buntu atau mampet jika tidak dipakai dalam beberapa hari kedepan.

1. Menggunakan Cartridge Cadangan

Ketika printer dtf tidak digunakan dengan waktu yang lama maka salosi terbaik adalah menggunakan cartridge printer cadangan yang disiisi cairan khusus untuk print head printer. Semua cartridge printer dtf yang sudah terisi tinta dtf diganti dengan cartridge yang berisi cairan kemudian lakukan head cleaning sebanyak 3x sampai sisa - sisa tinta dtf di print head dtf terisi dengan cairan cleaner dtf khusus print head printer diamkan sampai printer dtf digunakan lagi. Dengan cara ini maka walaupun printer dtf ditinggal selama berbulan - bulan akan tetap aman dari head dtf buntu maupun mampet karena tinta dtf mengeras di dalam print head.

2. Menggunakan Tinta Asli Printer

Tinta asli dari printer modifikasi dtf sangat dianjurkan agar printer dtf tidak gampang buntu ketika akan ditinggalkan dengan waktu yang lama. Caranya sama persis seperti cara diatas yaitu menggunakan cartridge cadangan yang sudah terisi dengan tinta asli dari printer kemudian lakukan head cleaning sampai print head terisi dengan cairan tinta original printer. Cara agar printer dtf tidak gampang buntu ini sangat efektif sekali untuk mengatasi print head dtf dari kebuntuan yang disebabkan oleh printer dtf tidak digunakan dalam waktu lama.

Itulah beberapa tips mengatasi printer dtf buntu jika tidak digunakan dalam waktu lama. Cara agar printer dtf tidak cepat buntu tersebut sudah praktekkan oleh para senior - senior sablon digital indonesia dan terbukti bisa mengatasi printer dtf dari kebuntuan yang disebabkan oleh tinta dtf yang gampang mengeras.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment