Cara Membuat Meriam Spirtus Dari Paralon Atau Kaleng

Cara membuat meriam spirtus

Cara membuat meriam spirtus - Musim liburan telah tiba dan anak - anak mulai bermain dengan teman - temannya dirumah. Salah satu permainan yang digemari saat musim liburan adalah membuat meriam dari spirtus yang menghasilkan suara yang sangat keras sekali.

Sebelum meriam dari spirtus ditemukan, dahulu permainan meriam ini menggunakan bahan dari bambu dan karbit serta menggunakan api sebagai pematiknya. Seiring berkembangnya jaman, sekarang membuat meriam lebih mudah dan simple serta dapat dibawa kemana - mana karena ukurannya yang kecil.

Banyak yang bertanya - tanya bagaimana cara membuat meriam spirtus mini dari bahan paralon, botol yakul atau kaleng bekas?. Jika sobat ingin membuat meriam mini dari spirtus dan agar suaranya keras, silahkan simak tutorial membuat meriam spirtus pada artikel ini.

Cara Membuat Meriam Spirtus

Meriam spirtus dapat dibuat menggunakan berbagai macam bahan bekas seperti kaleng bekas bear brand maupun susu, pipa paralon bahkan dari botol yakul pun bisa dibuat meriam. Untuk mendapatkan hasil yang maximal silahkan menggunakan bahan yang tidak terlalu besar agar resiko juga tidak besar saat di pegang dan dimainkan.

Bahan Membuat meriam spirtus

  1. Kaleng / Pipa paralon.
  2. Pematik korek gas.
  3. Lakban.
  4. Spirtus.

Alat Yang Digunakan

  1. Pisau / cutter
  2. Gunting
  3. Palu
  4. Paku

Cara Pembuatan Meriam Spirtus Pipa Paralon

  1. Pertama silahkan membeli pipa paralon seukuran botol mineral plastik / botol aqua, dengan panjang maximal 1 meter.
  2. Siapkan juga 1 botol aqua plastik bekas yang seukuran pipa paralon yang akan digunakan untuk membuat meriam.
  3. Langkah selanjutnya silahkan potong botol aqua plastik dari ujung tutup botol kebawah sekitar 8 cm.
  4. Masukkan hasil potongan yang berisi tutup botol ke salah satu bagian ujung paralon kemudian rekatkan dengan cara memanaskan plastik botol aqua hingga mengkerut dan menyatu dengan pipa paralon.
  5. Jika sudah silahkan lakban dengan erat sambungan antara botol plastik dengan paralon.
  6. Terakhir, ambil pematik dari korek gas, lubangi tutup botol seukuran pematik korek api dan masukkan setengan beserta kabelnya ke dalam lalu rekatkan menggunakan lem cina / lem alteko.
  7. Selesai.

Cara Memainkan Meriam Paralon

  1. Siapkan 1 botol spray yang sudah berisi spirtus.
  2. Buka tutup botol meriam paralon dan semprotkan 1 - 3x spirtus ke dalam paralon.
  3. Tutup kembali dan kocok - kocok beberapa kali.
  4. Terakhir tekan pematik korek api.
  5. Meriam pipa paralon pun akan berbunyi keras.

Selalu ingat dalam menyemprotkan spirtus ke dalam meriam paralon, sebaiknya jangan terlalu banyak karena akan membuat pipa terbakar atau terbelah dan sangat membahayakan sekali ketika di pegang. Maximal adalah 3 kali semprotan saja. 

Bahan Membuat Meriam Dari Kaleng

Cara membuat spirtus dari kaleng juga sangat mudah sekali. Caranya pun sama dengan membuat meriam dari pipa paralon. Jika membuat meriam spirtus dari kaleng sobat bisa menambahkan saringan di dalam meriam yang akan membuat suara meriam jadi lebih keras dan ngebass.

Bahan Membuat Meriam Dari Kaleng

  1. Siapkan botol kaleng bekas seperti botol bear brand, botol kaleng susu atau kaleng lainnya.
  2. Pisau atau cutter.
  3. Lakban hitam maupun bening.
  4. Pematik korek gas.
  5. botol bayclean.

Cara Membuat Meriam Dari Kaleng

  1. Caranya sama seperti membuat meriam dari paralon, sobat cukup melubangi semua kaleng atas dan bawah kecuali kaleng pertama karena akan dibuat saringan dan lubang pematiknya.
  2. Jika sudah dilubangi, selanjutnya tinggal disambung semua kaleng tersebut menggunakan lakban warna hitam maupun warna bening dengan kuat dan erat.
  3. Pada bagian ujung kaleng, silahkan lubangi kecil - kecil seperti saringan kemudian sambungkan juga dengan yang lainnya.
  4. Tahap terakhir, potong ujung botol byclean yang ada tutupnya, ukur dan lubangi kaleng sesuai dengan botol bayclean lalu lem dengan lem alteco maupun lem G cina.
  5. Lubangi tutup botol seukuran pematik api korek gas.
  6. Selesai.

Jika tidak mengerti silahkan melihat contoh gambar meriam dari paralon maupun dari kaleng berikut ini.

Saringan Meriam Spirtus

Itulah cara membuat meriam mini spirtus atau mercon spirtus yang bisa menghasilkan suara ledakan keras. Jika tidak ingin membuat, sobat bisa membeli meriam mini yang dijual secara bebas di marketplace. Untuk para orang tua jangan lupa mengawasi anak - anaknya dalam menggunakan meriam spirtus ini agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment