1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

Cara Perpanjang Dan Ganti Seaman Book Online Bali 2024

Cara Perpanjang Dan Ganti Seaman Book Online Bali 2023

Seaman book online - Seaman book atau yang sering di panggil buku pelaut ini merupakan dokumen penting dan wajib yang harus kamu miliki jika kamu bekerja sebagai pelaut. Sekarang banyak teman - teman yang membuat maupun memperpanjang buku pelaut untuk kebutuhan bekerja ke kapal pesiar.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang cara perpanjang seaman book online atau yang sudah mendapatkan stampel 3 kali maka kamu wajib mengganti seaman book ke buku yang baru. Artikel ini juga akan membahas tentang proses dan syarat mengganti buku pelaut atau seaman book secara online.

Persyaratan Seaman Book Online

Berikut ini beberapa syarat yang wajib kamu bawa ketika akan renew seaman book online.

  1. Surat keterangan sehat dari RS Padma (RS yang sudah ditunjuk).
  2. Foto Copy KTP.
  3. Foto Copy Kartu Keluarga.
  4. Foto Copy Akte.
  5. Foto Copy BST (Basic Safety Training).
  6. Buku Pelaut asli.
  7. Surat pendaftaran online. Silahkan cek pada postingan sebelumnya tentang cara daftar online buku pelaut atau seaman book.

Jika semua persyaratan tersebut sudah lengkap, kamu bisa langsung membawa semua persyaratan itu ke kantor syahbandar terdekat. Dibali ada 3 kantor cabang syahbandar.

Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Di Bali

  1. Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan kelas II Benoa beralamat di Jl. Raya Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali 80223. Kamu bisa cek melalui google map untuk lokasi yang lebih akurat.
  2. Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan kelas IV Padang Bai beralamat di Jl. Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali 80872.
  3. Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan kelas V Celukan Bawang beralamt di Jl. Pelabuhan No. 36 Celukan Bawang, Buleleng, Bali 81155.

Khusus untuk pembuatan buku pelaut baru maupun penggantian seaman book baru, kamu harus datang langsung ke KSOP Benoa karena KSOP selain Benoa hanya bisa memperpanjang buku pelaut saja.

Harga Seaman Book Online

Untuk biaya seaman book tidaklah mahal. Biaya pembuatan seaman book baru seharga Rp.100.000 dan perpanjangan seaman book seharga Rp.10.000 saja dan prosesnya memakan waktu 3 hari kerja setelah pembayaran. Kamu bisa membayar buku pelaut di kantor pos terdekat.

Proses Perpanjangan Seaman Book Online

  1. Tahap pertama silahkan mendaftar secara online dulu. Caranya bisa kamu baca di artikel sebelumnya, sudah lengkap dijelaskan.
  2. Silahkan kamu menggunakan pakaian kemeja bebas rapi dengan celana panjang dan juga menggunakan sepatu.
  3. Langkah selanjutnya adalah silahkan datang langsung ke Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan terdekat dari kota kamu.
  4. Security yang berjaga akan mengecek semua perlengkapan dokumen semanbook kamu terlebih dahulu sebelum menyerahkannya.
  5. Proses perpanjangan seaman book memakan waktu sekitar 3 hari kerja.
  6. Kode billing pembayaran akan dikirim lewat email yang kamu daftarkan secara online di situs https://dokumenpelaut.dephub.go.id dan Pembayaran sebesar Rp.10.000 dapat kamu bayar di kantor pos terdekat.

Proses Pergantian Seaman Book Online

  1. Pertama kamu harus mendaftar semanbook secara online di https://dokumenpelaut.dephub.go.id. Untuk mendapatkan surat rekomendasi.
  2. Datang langsung ke Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan terdekat dari kota kamu dengan pakaian rapi dan memakai sepatu.
  3. Silahkan serahkan dokumen kalian ke bagian pendaftaran.
  4. Langkah selanjutnya kamu akan difoto ulang dan sehabis sesi foto kamu sudah bisa pulang ke rumah.
  5. Kode billing pembayaran akan kamu terima lewat email kamu dan kamu bisa membayar di Kantor Pos terdekat.
  6. Pembayaran sebesar Rp.100.000 untuk pergantian seaman book online maupun offline.
  7. Kamu bisa mengambil seamanbook setelah 3 hari kerja setelah proses pembayaran selesai.

Syarat Pengambilan Buku Pelaut

Adapun beberapa syarat yang harus kamu bawa ketika akan mengambil buku pelaut yang sudah jadi antara lain:

  1. Membawa foto copy BST.
  2. Bukti pembayaran Seaman Book dari bank maupun kantor POS.
  3. Pengambilan seaman book tidak boleh diwakilkan, jika harus diwakilkan harap membawa surat kuasa bermaterai dan disertakan foto copy KTP yang mengambil.

Bagaimana gampang bukan proses renew seaman book online atau yang mau apply seaman book online caranya juga sama seperti pergantian buku seaman book. 

Jika kamu menggunakan calo dalam proses pembuatan seamanbook kamu bakalan rugi besar karena prosesnya mengharuskan kamu hadir untuk proses foto buku pelaut. Proses pembuatan ataupun perpanjang buku pelaut tidak memakan waktu lama serta prosesnya tidak ribet. Semoga berhasil kawan - kawan pelaut.

Posting Komentar

Posting Komentar