1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

3 Kerugian Dan Resiko Membeli Iphone Di Luar Negeri

Apa sih resiko dan kerugian membeli iphone terbaru di luar negeri?. ok sobat dewata mari kita bahas sama - sama berdasarkan fakta dan analisis saya di lapangan serta referensi dari pihak bea cukai. 

Di indonesia ada sekitar puluhan ribu muda - mudi yang bekerja di luar negeri baik di darat maupun di kapal pesiar. Ketika mereka pulang ke tanah air, biasanya mereka membawa beberapa pleh - oleh barang mewah dengan nilai tinggi seperti jam tangan, laptop maupun handphone terbaru seperti iphone 14 pro max yang baru - baru ini release di pasaran.

Kenapa Membeli Iphone Di Luar Negeri?

Kebanyakan para pekerja migran indonesia atau yang sering disebut PMI ini membeli iphone di luar negeri karena harganya yang lebih murah dari yang dijual di indonesia. Itulah mengapa banyak para pekerja migran indonesia baik yang bekerja di darat maupun di laut membeli hp iphone di luar negeri ketimbang di negeri sendiri.

Diawal tahun 2022 ini pemerintah indonesia membuat kebijakan baru tentang bea cukai, dimana barang - barang yang mempunyai nilai tinggi seperti iphone akan dikenakan pajak bea cukai. Jika kalian tidak membayar pajak bea cukai, tentu saja akan ada sanksi tegas dari pemerintah.

Berikut ini beberapa Resiko Dan Kerugian Membeli Iphone Di Luar Negeri.

Kerugian Dan Resiko Membeli Iphone Di Luar Negeri

1. Klaim Garansi Iphone Yang Rumit

Jika kalian membeli hp iphone di dalam negeri maka kalian akan dengan sangat mudah untuk melakukan klaim garansi jika terjadi sesuatu pada iphone kalian. Hal ini disebabkan karena proses jual beli iphone dilengkapi dengan surat yang lengkap serta toko yang jelas.

Sebaliknya jika sobat membeli iphone diluar negeri dan iphone tersebut terjadi masalah di dalam negeri maka sobat akan sedikit mengalami kesulitan dalam mengklaim garansi walaupun garansi Iphone berlaku Internasional.

2. Harus Bayar Pajak

Sebelum adanya regulasi baru dari pemerintah indonesia yaitu tentang pemberlakuan pajak untuk barang yang bernilai tinggi, memang harga iphone lebih myrah jika dibeli di luar negeri. 

Namun mulai tahun 2022 ini harga barang seperti membeli iphone di luar negeri akan lebih mahal harganya ketimbang membeli di dalam negeri. Penyebabnya adalah kalian harus membayar pajak yang cukup besar agar iphone tersebut dapat digunakan di indonesia.

Sebagai contoh harga iphone 14 promax 512 GB di luar negeri rata - rata $1.600 kalau dirupiahkan sekitar Rp. 24.480.000 dengan kurs hari ini Rp.15.300.

Sedangkan harga untuk iphone 14 pro max 512 GB di indonesia sekitar Rp.28.000.000. Disini harga barang iphone dari luar negeri lebih murah ketimbang di dalam negeri.

Terus bagaimana dengan pajaknya? Ok mari kita itung pajak iphone 14 pro max 512 GB dengan harga $1.600 yang dibeli dari luar negeri. 

Setelah dikenakan Bea masuk sebesar 10% + PPN 11% + PPH 20% dan dikurangi biaya pembebasan sebesar $500 maka total pajakbea cukai yang harus dibayarkan untuk iphone 14 pro max 512 GB adalah sebesar Rp. 6.900.000.

Jika ditotalkan harga beli hp iphone di luar negeri ditambah dengan pajak maka hasilnya adalah Rp. 24.480.000 + Rp.6.900.000 = Rp. 31.380.000.

Jadi sekarang lebih mahal yang mana membeli hp di dalam negeri atau di luar negeri?.

3. Imei Iphone Terblokir

Sesuai dengan peraturan bea cukai maka iphone yang masuk dari luar negeri jika tidak segera didaftarkan imei nya maka dalam beberapa hari imei hp tersebut akan diblokir oleh pihak bea cukai dan sobat tidak akan bisa mendapatkan sinyal dari operator lokal serta harga jual kembali untuk iphone yang imei nya tidak di registrasi akan anjlok jauh dari harga pasaran.

Kesimpulannya

Jika teman - teman sedang berada di luar negeri baik liburan maupun bekerja dan ingin membeli iphone seri terbaru seperti iphone 14 pro max ini, alangkah baiknya membeli di dalam negeri saja. Hal ini dikarenakan harga iphone yang dibeli di dalam negeri akan lebih murah dan sobat tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya imei terblokir.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share ke teman - teman kalian.

Posting Komentar

Posting Komentar