1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

Ampuh! Cara Mengatasi HP Yang Terkena Air Baterai Tanam

Hp yang terkena air baterai tanam - HP atau ponsel sekarang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada beberapa masalah yang sering terjadi pada perangkat ponsel ini yaitu masalah baterai yang rusak akibat terkena air. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada baterai atau bahkan perangkat hp secara keseluruhan. 

Kerusakan yang disebabkan hp yang terkena air baterai tanam dapat menyebabkan baterai tidak dapat diisi dan berfungsi dengan baik, tidak dapat menyimpan daya, atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali. 

Ini adalah masalah yang sangat serius karena baterai tanam pada hp merupakan komponen yang sangat penting yang memungkinkan perangkat Kalian berfungsi. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam dan bagaimana Kalian dapat mencegah masalah ini terjadi di masa depan. 

Artikel ini akan membahas tentang ciri - ciri hp konslet kena air, beberapa saran dan solusi yang akan membantu Kalian mengatasi hp terkena air pada baterai tanam dan memastikan bahwa perangkat Kalian tetap berfungsi dengan baik.

Ciri - Ciri HP Konslet Kena Air

Sebelum melanjutkan ke pokok pembahasan tentang cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam. Berikut ini adalah ciri - ciri hp konslet kena air yang perlu kalian wapadai jika hp kalian pernah jatuh ke dalam air laut maupun air tawar.

  1. Layar yang menjadi kabur atau tidak jelas: hp yang kemasukan air di layar dapat menimbulkan kerusakan pada layar HP itu sendiri, sehingga bisa menyebabkan gambar atau teks yang muncul menjadi tidak jelas.
  2. Suara HP yang tidak normal: Air yang masuk ke dalam HP dapat menyebabkan kerusakan pada speaker atau microphone, sehingga menyebabkan suara yang keluar menjadi tidak normal atau bahkan tidak dapat didengar sama sekali.
  3. Tombol yang tidak berfungsi: HP yang terkena air juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada tombol-tombol hp kalian, sehingga menyebabkan tombol tidak dapat digunakan atau tidak berfungsi dengan normal.
  4. Baterai yang tidak dapat diisi atau tidak dapat menyimpan daya: Hp yang kemasukan air dapat menyebabkan kerusakan pada baterai, sehingga menyebabkan baterai hp tidak dapat diisi atau tidak dapat menyimpan daya.
  5. Perangkat yang tidak dapat menyala: Hp yang jatuh atau terkena air dapat menyebabkan hp konslet sehingga terkadang hp akan menjadi mati total dan tidak mau menyala.
  6. Kerusakan pada bagian dalam: Air yang masuk langsung ke dalam HP dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen kecil elektronik, sehingga bisa menyebabkan kerusakan fatal pada bagian dalam HP yang tidak terlihat.

Cara Mengatasi HP Yang Terkena Air Baterai Tanam

Jika hp kalian terkena air laut maupun air tawar, jangan panik, kalian bisa mencoba beberapa langkah berikut ini untuk cara menghilangkan air di hp.

1. Langsung Matikan HP

Jika hp kalian jatuh ke dalam air ataupun terkena air secara tidak sengaja. Langkah pertama mengatasi hp yang terkena air di baterai tanam adalah dengan cara mematikan atau menonaktifkan hp tersebut. Langkah ini dilakukan agar komponen - komponen yang ada di dalam hp tidak mengalami konslet yang dapat mengakibatkan hp menjadi rusak.

2. Bongkar HP

Langkah kedua setelah hp kemasukan air adalah membongkar hp kalian. Cara ini dilakukan agar air yang masuk ke dalam hp bisa segera dibersihkan dan dikeringkan dengan maximal. Banyak kasus seperti hp kena air tapi masih hidup, namun jika dipaksakan untuk hidup akan berdampak buruk kedepannya ketika air yang menggenang di dalam hp sampai mengenai komponen elektronik di dalam HP.

3. Kibaskan HP

Cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam selanjutnya adalah dengan cara mengibas-kibaskan hp. Cara ini bertujuan agar air yang tersisa di dalam hp dapat keluar dengan cepat sehingga tidak sampai mengenai komponen dalam hp.

4. Gunakan Silica Gel

Cara ampuh lainnya mengatasi Hp kemasukan air di layar adalah dengan menggunakan silica gel. Silicagel merupakan bahan aktif yang dapat mengatasi barang elektronik yang jamuran dan lembab akibat hp terkena air. Caranya dengan menempatkan hp yang terkena air bersamaan dengan silica gel dan taruh pada ruanngan tertutup seperti kotak atau toples yang kedap udara. Menggunakan silica gel merupakan salah satu cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam yang sangat ampuh.

5. Timbun Di Dalam Beras

Cara mengatasi hp baterai tanam masuk air lainnya adalah dengan cara menimbunnya di dalam beras. Cara ini sudah dilakukan sejak dulu jika ada barang elektronik yang terkena air dan memang terbukti bisa menyelamatkan hp baterai tanam yang terkena air dari kerusakan fatal.

6. Bersihkan Dengan Thiner Khusus HP

Cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam adalah dengan membersihkan perangkat dengan menggunakan thinner. Penggunaan thinner dapat membantu menghilangkan korosi yang mungkin terjadi pada komponen-komponen elektronik sebagai akibat dari kontak dengan air. 

Korosi ini dapat menurunkan performa HP dan menyebabkan kerusakan yang lebih lanjut jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu, membersihkan perangkat dengan thinner setelah terkena air dapat membantu mengurangi kerusakan dan memperbaiki performa HP.

 7. Membawa Langsung Ke Tempat Service HP

Jika metode yang sudah disebutkan diatas tentang cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam belum dapat mengatasi hp kalian yang terkena air, maka solusi terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan membawa langsung HP yang terkena air ke tempat service center resmi yang sesuai dengan merk HP yang kamu miliki. 

Jika kamu membawa HP yang kemasukan air ke tempat service center resmi, Hp kamu akan ditangani oleh tenaga ahli yang sudah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi masalah hp kemasukan air. Service center resmi juga langsung menyediakan sparepart hp original yang dapat membantu hp yang terkena air baterai tanam bisa diperbaiki dan kembali seperti semula.

Kesimpulan

Kalian bisa mencoba tentang cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam yang sudah dijelaskan diatas untuk mengatasi masalah yang terjadi ketika hp kemasukan air. Serta kamu juga bisa memperhatikan ciri - ciri hp konslet kena air dan cara mengatasi hp konslet kena air agar dapat ditangani dengan cepat sebelum hp menjadi rusak total.

Posting Komentar

Posting Komentar