Kelebihan Dan Kekurangan Sablon DTF Yang Perlu Diketahui

Sobat harus mengetahui kekurangan dan kelebihan dari sablon dtf sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia sablon digital. Kelebihan dan kekurangan sablon dtf ini tentunya menjadi penyempurna dari sablon manual karena salah satu kelebihan sablon dtf ini adalah bisa mencetak sablon satuan.

kekurangan-kelebihan dtf

Pemain Sablon dtf semakin banyak dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Keunggulan sablon dtf dari sablon manual adalah bisa membuat atau mencetak sablon satuan. Pada sablon manual banyak tukang sablon yang tidak menerima satuan karena akan membuat cost dan harga baju menjadi sangat mahal karena prosesnya yang panjang dan ribet dibandingankan dengan sablon digital saat ini.

Dibalik banyaknya kelebihan dan keunggulan sablon dtf ini, tentu sablon dtf juga mempunyai beberapa kekurangan dari sablon - sablon yang lainnya seperti sablon plastisol, sablon polyplex, sablon discharge dll. Kekurangan sablon dtf ini dapat diatasi dengan menggunakan beberapa teknik khusus yang biasa dipakai di dalam dunia sablon.

Jika sobat ingin atau ada rencana membuka usaha sablon digital seperti sablon dtf ini, sobat wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan dari sablon dtf ini terlebih dahulu, agar nanti tidak menyesal dikemudian hari. Karena harga mesin dtf lengkap tergolong sangat mahal sekitar 15jt an lengkap dengan bahan - bahan sablon yang diperlukan.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SABLON DTF

Maka dari itu sebelum membuka usaha sablon digital dtf alangkah baiknya membaca kelebihan dan kekurangan sablon dtf yang ada pada artikel ini. Tujuan dari mengetahui kelebihan dan kekurangan sablon digital dtf ini adalah untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian dimasa yang akan datang.

KELEBIHAN SABLON DTF

1. BISA CETAK SABLON SATUAN

Karena menggunakan printer dan dan dicetak diatas pet film sablon dtf maka salah satu keunggulan sablon dtf ini bisa mencetak kaos satuan dengan biaya cost yang sangat kecil sekali dibandingkan dengan sablon manual.

2. FULL COLOR SEKALI CETAK

Keunggulan dan kelebihan Sablon dtf lainnya adalah bisa mencetak sablon full color tanpa biaya tambahan seperti sablon manual. Warna - warna yang akan dicetak hanya perlu di edit melalui aplikasi edit foto seperti photoshop dan coreldraw tanpa perlu mencampur - campur warna lagi seperti sablon manual.

3. CETAK SABLON BAJU KURANG DARI 5 MENIT

Untuk mensablon satu baju membutuhkan waktu kurang dari 5 menit, karena sablon dtf ini di cetak diatas pet film kemudian dipress menggunakan mesin press langsung diatas baju.

4. HASIL SABLON LENTUR DAN LEMBUT SEPERTI PLASTISOL

Hasil dari sablon dtf ini sangat lentur dan sangat lembut sekali dengan warna - warna yang cerah jika sablon dtf disetting dengan maximal. Keunggulan sablon dtf ini yang kadang - kadang membuat customer bingung karena sablon dtf ini menyerupai sablon plastisol.

5. TIDAK MUDAH LUNTUR DAN RUSAK

Sablon dtf ini menggunakan perekat bernama adhesive powder yang berfungsi merekatkan tinta dtf ke baju seperti lem. Kelebihan sablon dtf yang satu ini adalah tidak mudah luntur saat di cuci dan di gosok serta sangat awet jika dipakai sehari - hari.

6. DAPAT DIGUNAKAN DI SEMUA MEDIA

Sablon digital dtf dapat diaplikasikan pada banyak media seperti baju kaos, sepatu, totebag, jaket, dll. Asalkan media yang akan disablon bisa tahan panas karena sablon dtf ada unsur press dengan suhu yang panas. Ini salah satu kelebihan sablon dtf yang banyak disukai oleh para tukang sablon.

KEKURANGAN SABLON DTF

1. TIDAK BISA KENA SETRIKA PANAS

Kekurangan sablon dtf yang pertama adalah tidak bisa disetrika langsung dengan suhu panas pada bagian sablon karena sablonan akan mengkerut terkena panas.

Solusi: Cara mengatasinya dengan cara setrika dibagian dalam baju agar sablon dapat terhindar dari suhu panas setrika secara langsung.

2. TIDAK BISA SABLON GRADASI

Kekurangan sablon dtf yang banyak ditemui adalah tidak bisa mencetak warna gradasi dengan latar belakang transparant dengan sablon dtf, karena sablon dtf khusus mencetak sablon dengan warna - warna solid saja.

Solusinya: menggunakan action plugin raster photoshop pada gambar sablon dtf jika terdapat gradasi dengan latar belakang transparant.

3. BIAYA MESIN DTF YANG MAHAL

Mesin dtf lengkap dan siap cetak harganya mencapai antara 15jt - 25jt. Mesin dtf lengkap sudah berisi banyak modul seperti modul roll to roll, modul stop and go, modul vacum dll,

Solusinya: Jika sobat pemain dtf pemula sebaiknya membeli printer epson L1800 dengan 6 channel warna dan dimodif sederhana agar bisa cetak sablon dtf.

4. JIKA GAGAL SABLON SUSAH DIHAPUS

Kadang - kadang para tukang sablon dtf mengalami masalah pada mesin seperti settingan tidak maximal dan mesin printer berhenti di tengah jalan saat proses print sablon di atas kertas pet film. Jika settingan pada printer tidak maximal maka sablon akan cepat rusak dan mengelupas saat selesai di press diatas baju dan kemudian susah dihapus menggunakan cairan penghapus dtf.

Solusinya: Gunakan settingan yang benar pada sablon dtf dan perhatikan kematangan saat proses menabur adhesive powder. Karena kunci kekuatan sablon dtf adalah pada lem adhesive powdernya, diusahakan matang atau meleleh dengan sempurna.

Itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari sablon dtf sesuai dengan pengalaman saya di dunia sablon dtf ini. Kelebihan dan kekurangan itu dapat dimodifikasi dan diakali dengan berbagai cara dan solusi agar sablon dtf dapat berjalan dengan semaximal mungkin.

KESIMPULAN

Kekurangan dan kelebihan dari sablon dtf memang ada karena sablon dtf ini tergolong teknik sablon baru di dunia sablon. Kekurangan sablon dtf ini sedikit demi sedikit akan diperbaiki dan dicarikan solusi oleh pemain sablon dan vendor - vendor tinta sablon dtf agar kekurangan sablon dtf bisa diminimalisir di kemudian hari.