Cara Membuat Layangan Bebean Knockdown Simple

Cara membuat layangan bebean baik yang kecil, knockdown maupun layangan bebean mini dengan sangat simple dan bahan mudah di dapat. Serta cara membuat guangan layangan bebean besar.

Layangan bebean merupakan layangan khas bali yang berbentuk seperti ikan. Bebean dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai ikan di air. Karena layang - layang ini berbentuk seperti ikan makanya di bali disebut layangan bebean.

Layangan bebean khas bali
 Layangan bebean sangat populer sekali di bali pada khususnya, karena setiap tahun saat musim layangan tiba, layangan bebean ini tidak pernah absen dari langit bali. Baik layangan bebean besar maupun layangan bebean kecil.

Saat musim layangan tiba, banyak sekali desa - desa di bali mengadakan lomba layang - layang yang bertempat di pantai. Biasanya yang dilombakan paling banyak adalah jenis layangan bebean yang memiliki ukuran besar di atas 5 meter.

CONTOH RANGKA LAYANGAN BEBEAN

Layangan bebean yang memiliki ukuran yang besar biasanya dibuat dengan sistem layangan bebean knockdown atau layangan bebean yang bisa di bongkar pasang. Layangan bebean knockdown memiliki fungsi agar mudah di bawa dari rumah menuju ke lapangan tempat menerbangkan layangan bebean knockdown ini. Karena layangan bebean memiliki kuran yang besar sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya saat melintas di jalan umum.

Untuk sobat rare angon bali yang belum mengetahui rangka layangan bebean ini, bisa membaca artikel ini sampai selesai karena saya akan membeberkan rangka layangan bebean agar mudah mengudara di langit baik rangka layangan bebean besar maupun rangka layangan bebean kecil.

RANGKA LAYANGAN BEBEAN BESAR

Silahkan di simak dan ditiru contoh rangka layangan bebean besar dan kecil ini. Rangka layangan bebean ini merupakan standar layangan bebean bali yang nantinya bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan.

Layangan bebean 1,5 meter

RANGKA LAYANGAN BEBEAN KECIL

Contoh rangka layangan bebean kecil atau mini ini biasanya dibuat untuk anak - anak yang menggunakan tali dengan ukuran kecil. Silahkan disimak dan ditiru ukuran layangan bebean kecil ini agar mudah diterapkan dalam pembuatannya.

Layangan bebean kecil

RANGKA LAYANGAN BEBEAN KNOCKDOWN

Layangan bebean knockdown yang bisa dibongkar pasang dan membutuhkan beberapa alat tambahan agar rangka layangan bebean dapat dirakit dengan sempurna dan kokoh saat terkena angin kencang.

Agar bisa membuat layangan bebean knockdown membutuhkan alat tambahan seperti:
  • Kayu pengait antar batang yang dilepas.
  • Tali zip untuk mengikat bambu batangan layangan bebean
  • Kain cover layangan yang sudah berisi kancing agar mudah dalam merakit.

Silahkan disimak gambar berikut peralatan yang diperlukan untuk membuat layangan bebean knockdown.

Knockdown layangan bebean

Gambar diatas adalah alat tambahan agar bisa membuat layangan bebean knockdown. Jika tidak ingin ribet membuat alat layangan bebean knockdown tersebut, sobat bisa membelinya dan banyak beredar di online shop seperti facebook marketplace dan shopee dengan harga sangat murah dan ukuran bisa disesuaikan.

tali zip

Fungsi dari tali zip untuk layangan knockdown adalah agar mudah menyatukan beberapa batangan bebean knockdown yang bisa di bongkar pasangan. Penggunaan tali zip ini lebih kuat dan lebih efisien dibandingkan mengikatnya dengan benang biasa.

kancing cover layangan bebean

Gambar di atas merupakan cover dari layangan bebean yang sudah dipasang kancing agar memudahkan dalam proses perakitan layangan bebean knockdown tersebut. Hal ini sangat wajib sekali diisi untuk membuat layangan bebean knockdown.

KESIMPULAN

Dalam membuat layangan bebean knockdown harus memerlukan beberapa pengait tambahan agar memudahkan dalam proses bongkar pasangnya. Membuat layangan bebean knockdown sangat mudah sekali dan bahan - bahan untuk membuat layangan bebean ini juga mudah di dapat di pasaran offline maupun online.