1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

Rangka Layangan Janggan Khas Bali

Sebelum tahu cara membuat layangan janggan, pertama sobat harus mengetahui rangka layangan janggan terlebih dahulu. Pembuatan rangka layangan janggan khas bali bisa di bilang susah - susah gampang. Karena membuat layangan janggan khas bali membutuhkan keahlian dan ketelitian khusus agar bisa terbang nantinya.

layangan janggan khas bali

Layangan janggan merupakan layangan khas bali yang sangat legendaris yang terbuat dari bambu dan berbentuk seperti naga. Dulu layangan janggan ini sangat disakralkan dan diterbangkan pada waktu tertentu namun sekarang Layangan janggan dibali biasanya diperlombakan dan akan menampilkan layangan janggan yang sangat seni dan terlihat mewah serta ukurannya rangka layangan janggan yang sangat besar.

Tidak semua orang bisa membuat rangka layangan janggan, karena membuat layangan janggan membutuhkan ketelitian yang extra tidak seperti rangka layangan bebean dan rangka layangan celepuk. Ukuran layangan janggan harus besar sehingga lebih mudah untuk diterbangkan ketimbang layangan janggan yang berukuran kecil.

Jika sobat rare angon mencari cara membuat layangan janggan atau belum mengetahui rangka layangan jangan, bisa membaca lalu mempraktekkan artikel ini. Karena saya akan membagikan contoh rangka layangan janggan khas bali.

RANGKA LAYANGAN JANGGAN 

Untuk membuat rangka layangan janggan khas bali, sobat rare angon bisa mengumpulkan beberapa bahan untuk membuat layangan seperti:

  • Bambu kering dengan ukuran minimal 1,5 meter.
  • Pisau tajam untuk memotong layangan.
  • Benang untuk mengikat rangka layangan janggan.
  • Plastik atau kain untuk cover rangka layangan janggan.

Jika semua bahan - bahan untuk membuat layangan janggan sudah siap, selanjutnya sobat perlu mengetahui ukuran rangka layangan janggan yang pas agar bisa diterbangkan dengan sempurna nantinya.

Silahkan disimak contoh rangka layangan janggan dibawah ini dalam bentuk gambar. Pahami dan resapi dulu rangka layangan janggan ini agar memudahkan sobat dalam merakit layangan janggan khas bali ini.

sumber.commons.wikimedia.org

Itu adalah struktur layangan janggan yang perlu sobat rare angon ketahui terlebih dahulu agar memudahkan dalam proses pembuatan layangan janggan. Struktur tersebut merupakan struktur standar layangan janggan khas bali yang sudah digunakan puluhan tahun silam dan semakin bertambahnya tahun layangan janggan pun semakin modern dengan penambahan nilai - nilai seni ke dalam layangan.

UKURAN LAYANGAN JANGGAN

Rangka layangan janggan bali

Ini adalah contoh gambar ukuran layangan janggan khas bali dengan ukuran layangan janggan yang standar yang banyak dipergunakan. Silahkan dimodif sendiri contoh rangka layangan janggan ini sesuai dengan seni dan keinginan yang dimiliki sobat rare angon.

Sekian tutorial cara membuat layangan janggan serta contoh rangka layangan janggan khas bali. Semoga informasi tentang cara membuat rangka layangan janggan ini bisa bermanfaat bagi sobat rare angon yang ingin membuat layangan janggan khas bali.

Posting Komentar

Posting Komentar