5 Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Terdeteksi

Cara mengatasi baterai laptop tidak terdeteksi pada windows 10 / 8/ 7, serta penyebab baterai laptop tidak terdeteksi. Bagi yang mempunyai laptop dengan umur yang sudah tua biasanya masalah baterai laptop tidak terdeteksi sering kali muncul secara tiba - tiba.

 Munculnya pesan baterai laptop tidak terdeteksi pada laptop dapat berakibat fatal pada laptop yang digunakan mulai dari tidak bisa mengetahui kapasitas baterai sampai terjadinya kerusakan pada motherboard akibat arus baterai yang tidak stabil.

PENYEBAB BATERAI LAPTOP TIDAK TERDETEKSI

Ada beberapa penyebab error  pesan baterai laptop tidak terdeteksi dan dapat disembuhkan hanya dengan me-reset settingan pada laptop masing - masing. Biasanya pesan error baterai laptop tidak terdeteksi muncul dikarenakan baterai laptop mengalami kerusakan atau sudah mengalami drop.

Biasanya error baterai tidak terdeteksi pada laptop dapat diketahui melalui tanda - tanda sebagai berikut:

  • Munculnya tanda merah segitiga seru pada icon baterai.
  • Ada pesan dicolokkan namun tidak terisi.
  • Muncul pesan untuk mengganti baterai lama ke yang baru.

Pesan error pada laptop tersebut muncul jika baterai laptop mengalami kerusakan yang sangat parah, bisa disebabkan karena umur baterai sudah usang atau membeli baterai kw dengan kwalitas sangat buruk.

CARA MENGETAHUI BATERAI LAPTOP RUSAK

Ciri - ciri baterai laptop rusak dapat dilihat melalui bentuk fisik baterai tersebut.

  1. Bentuk baterai laptop mengalami kembung.
  2. Baterai laptop mengalami drop parah saat digunakan.
  3. Laptop tidak bisa menyala tanpa di cas ke listrik.
  4. Baterai laptop cepat panas ketika digunakan.
  5. Muncul indikator tanda merah seru pada icon baterai.

Jika baterai laptop mengalami ciri - ciri dan gejala - gejala seperti yang dijelaskan di atas, maka dapat dipastikan baterai laptop rusak dan perlu penggantian baterai laptop dengan yang baru.

CARA MENGATASI BATERAI LAPTOP TIDAK TERDETEKSI

Pada windows 10/8/7 jika terdapat pesan error baterai laptop tidak terdeteksi maka dapat mengikuti beberapa langkah - langkah cara mengatasi baterai laptop tidak terdeteksi ini.

1. CABUT BATERAI LAPTOP DAN PASANG KEMBALI

Jika dirasa baterai laptop dalam keadaan sehat, silahkan cabut baterai laptop dan diamkan selama 5 menit kemudian pasang kembali. Coba dilihat apakah error sudah hilang atau pesan baterai tidak terdeteksi masih muncul.

2. MELAKUKAN KALIBRASI PADA BATERAI LAPTOP

Lakukan kalibrasi pada baterai laptop jika ada pesan error pada baterai laptop. Cara kalibrasi baterai laptop dapat dilakukan dengan cara mengisi daya baterai pada laptop sampai penuh 100% dalam posisi laptop mati. Atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang support kalibrasi baterai dengan laptop yang digunakan.

3. UPDATE WINDOWS

Kadang - kadang error yang muncul pada laptop bisa disebabkan oleh sistem operating windows yang tidak pernah di update. Jika ada pembaruan windows pada laptop bisa segera di update dan error pada laptop akan hilang setelah di restart.

4. INSTAL ULANG DRIVER BATERAI

Jika error baterai tidak terdeteksi masih muncul selanjutnya dapat melakukan instal ulang driver baterai yang terdapat pada laptop dengan cara ketik device manager pada pencarian windows lalu memilih baterai kemudian uninstal dan terakhir restart laptop.

5. GANTI BATERAI LAPTOP

Jika semua cara mengatasi baterai laptop tidak terdeteksi sudah dilakukan dan masih muncul pesan error baterai tidak terdeteksi pada laptop maka dapat dipastikan memang baterai laptopnya yang mengalami masalah.

Cara mengatasi baterai tidak terdeteksi pada laptop yang terakhir adalah dengan cara mengganti baterai laptop dengan baterai laptop yang lebih berkwalitas dan original. Setelah mengganti baterai laptop maka pesan error baterai tidak terdeteksi pada laptop dapat segera di atasi.

KESIMPULAN

Baterai laptop tidak terdeteksi umumnya dapat disebabkan oleh baterai laptop yang mengalami kerusakan akibat pemakaian ataupun karena kwalitas baterai laptop yang dibawah standar pabrik dan cara ampuh mengatasi baterai laptop tidak terdeteksi adalah dengan cara mengganti baterai laptop dengan yang baru dan semua pesan error baterai tidak terdeteksi dapat diatasi dengan baik.