6 Cara Mengatasi Laptop Error Loading Operating System

Banyak sekali masalah error yang terdapat pada sistem operation windows 10 salah satunya error loading operating system saat proses booting pada laptop maupun PC. Cara mengatasi laptop error loading operating system sebenarnya susah - susah gampang.

Error loading operating system biasanya terjadi pada laptop - laptop yang sudah berumur tua dan laptop yang jarang digunakan dan dibersihkan yang menyebabkan beberapa komponen pada laptop mengalami kerusakan.

Error loading operating system bisa terjadi pada windows 8 sampai windows 10 dengan penyebab error yang berbeda - beda. Cara mengatasi laptop error loading operating system bisa di lakukan tanpa harus menghubungi teknisi laptop terlebih dahulu dengan mengecek tanda - tanda error saat booting pada laptop.

PENYEBAB TERJADINYA ERROR LOADING OPERATING SYTEM PADA LAPTOP

Ketika mengalami error operating system pada laptop saat proses booting pada windows 10 ataupun versi windows dibawahnya dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Laptop atau PC terkena virus berbahaya.
  2. Terdapat file system yang terhapus.
  3. File sytem dalam keadaan corrupt.
  4. Salah mengatur settingan BIOS.
  5. Hardisk yang tidak sesuai dengan versi laptop.
  6. Hard disk mengalami Corrupt.

CARA MENGATASI LAPTOP ERROR LOADING OPERATING SYSTEM

Ada beberapa cara yang bisa di coba dirumah sebelum mengharuskan membawa laptop ke teksini jika laptop mengalami error loading operating system.

1. CEK SETTINGAN BIOS LAPTOP

Pesan error loading system muncul pada laptop bisa dikarenakan salah memilih partisi sistem pada BIOS. Untuk mengecek jenis partisi sistem yang digunakan pada laptop bisa menggunakan tombol F1 atau F2 atau ESC pada keyboard saat proses booting berjalan, beberapa detik setelah laptop baru dihidupkan. 

Jika sudah mencoba semua partisi sistem pada BIOS dan masih terdapat pesan error loading operating system, bisa mencoba cara lain.

2. MELAKUKAN SYTEM RESTORE BIOS

System restore merupakan pemulihan sistem pada laptop yang sudah di backup secara otomatis saat laptop dalam keadaan normal. Cara system restore pada laptop terbukti ampuh untuk mengatasi error loading operating sytem pada windows 10.

Cara melakukan sytem restore laptop:

  1. Silahkan melakukan proses boot dengan DVD Windows.
  2. Lalu pilih boot priority ke DVD.
  3. Beberapa menu akan muncul dan pilih Repair your computer lalu klik system restore.
  4. Silahkan ikuti semua langkah - langkah yang muncul di laptop sampai laptop melakukan sytem restore.

Biasanya dengan melakukan sistem restore, error loading operating system sudah bisa di atasi tanpa perlu membawa laptop ke teknisi laptop.

3. MENGGUNAKAN FITUR BOOTREC.EXE

Bootrec.exe merupakan fitur yang terdapat pada windows yang memiliki fungsi untuk memperbaiki error yang terdapat pada laptop. Cara menggunakannya pun cukup simple sekali.

  1. Silahkan melakukan proses boot dengan DVD Windows.
  2. Lalu pilih boot priority ke DVD.
  3. Beberapa menu akan muncul dan pilih Repair your computer.
  4. Pilih Troubleshoot kemudian pilih Comand Prompt.
  5. Kemudian ketik perintah "bootrec /rebuildbcd" lalu tekan enter.

System akan mengecek dan memperbaiki system yang mengalami error saat laptop di hidupkan secara otomatis.

4. BATERAI LAPTOP RUSAK

Jika baterai laptop mengalami kerusakan biasanya ditandai dengan tegangan listrik pada laptop tidak stabil. Jika tegangan baterai laptop tidak stabil bisa berdampak terjadinya error pada laptop saat dihidupkan. Segara ganti baterai laptop dan error system pada laptop dapat teratasi.

5. HARD DISK MENGALAMI CORRUPT

Jika hard disk mengalami kerusakan maka bisa berdampak pada error yang muncul pada laptop. Salah satu error yang muncul adalah error pada loading operating sistem. Penyebabnya adalah karena hard disk yang mengalami kerusakan akan membuat beberapa file penting yang terdapat pada file system windows tidak dapat bekerja secara maximal.

6. INSTAL ULANG WINDOWS

Jika semua cara sudah dilakukan dan error loading operating system pada laptop tidak juga teratasi, maka jalan satu - satunya adalah dengan cara menginstal ulang windows pada laptop.

Dengan melakukan instal ulang pada windows maka semua file system yang mengalami error akan segera diperbaiki dan laptop akan kembali normal seperti sedia kala.

KESIMPULAN

Apa penyebab laptop error loading operating system? jawabannya karena ada file system yang mengalami corrupt atau kerusakan dan Cara Mengatasi Laptop Error Loading Operating System yang paling ampuh adalah dengan cara menginstal ulang windows pada laptop.

Dengan melakukan instal ulang pada komputer atau laptop maka semua error yang muncul pada laptop akan dapat teratasi dengan maximal.