7 Cara Mengatasi Laptop Error Saat Dihidupkan Acer Asus Lenovo

Cara mengatasi laptop error saat dihidupkan menggunakan laptop Acer, Laptop Asus, Laptop Lenovo, Notebook dll. Penyebab laptop error saat dihidupkan pun beraneka ragam mulai dari kerusakan hardware ada masalah pada software maupun laptop terinfeksi virus.

Saat ingin menggunakan laptop yang semulanya dalam keadaan normal namun tiba - tiba saat ingin menghidupkannya di kemudian hari, laptop tersebut mengalami error saat dihidupkan. Hal ini akan membuat beberapa pengguna laptop akan merasa kesal jika laptop yang begitu penting yang digunakan untuk membuat tugas ataupun banyak file penting yang tersimpan di laptop namun laptop tiba - tiba error saat dihidupkan.

Ada banyak sekali penyebab - penyebab laptop mengalami error saat dihidupkan dan error pada laptop saat dihidupkan ini banyak terjadi pada brand - brand terkenal seperti laptop asus, laptop acer, laptop lenovo bahkan pada notebook sekalipun.

Paling banyak penyebab laptop error saat dihidupkan adalah salah menginstal software yang membuat kinerja laptop menjadi berat dan akhirnya laptop mengalami error. Laptop menjadi error saat menginstal software terjadi pada laptop - laptop lama yang jarang update OS windows beserta software pendukungnya sehingga saat menginstal software atau aplikasi terbaru laptop menjadi tidak support dan procesor laptop akan bekerja keras yang akhirnya menjadi error saat dihidupkan.

PENYEBAB LAPTOP ERROR SAAT DIHIDUPKAN

Banyak sekali laptop - laptop lama maupun baru mengalami error saat dihidupkan. Penyebab umum laptop mengalami error adalah sebagai berikut: 

1. TIDAK PERNAH UPDATE OS WINDOWS

OS atau operating system adalah software milik windows yang terdapat pada semua komputer dan laptop. OS Windows akan terus mendapatkan pembaruan setiap bulannya agar bisa terus support aplikasi - aplikasi serta fitur - fitur yang lebih canggih.

Jika tidak pernah update OS Windows sejak pertama kali beli laptop dan menginstal aplikasi laptop terbaru kemudian terjadi error, bisa dipastikan penyebabnya adalah software tersebut tidak support dengan versi windows kita. 

Solusi untuk mengatasi error pada laptop adalah dengan melakukan update versi windows terbaru atau bisa juga menginstal ulang versi windows lama ke yang terbaru.

2. HARD DISK MENGALAMI ERROR

Hard disk yang rusak pada laptop akan berdampak pada terjadinya error pada laptop baik error saat dihidupkan maupun error saat menjalankan aplikasi. Eror pada laptop yang disebabkan oleh kerusakan hardisk sering terjadi pada windows 8 sampai dengan windows 10. 

Ciri - ciri error yang disebabkan oleh kerusakan hardisk adalah laptop akan merasa berat atau lemot saat dihidupkan dan saat menjalankan aplikasi. Jika terus dibiarkan atau dipaksa kerja berat maka laptop akan mengalami error.

Solusinya Mengganti Hard Disk yang rusak dengan yang baru.

3. KEKURANGAN KAPASITAS RAM

Banyak sekali aplikasi - aplikasi terbaru yang mengharuskan memiliki kapasita RAM yang besar pada laptop. Dalam menjalankan aplikasi - aplikasi laptop tertentu dan kebetulan laptop yang digunakan memiliki kapasitas RAM yang kecil, sudah dipastikan saat menjalankan aplikasi tersebut laptop akan mengalami error dan macet.

Solusi untuk mengatasi error pada laptop yang disebabkan oleh kapasitas RAM yang kecil adalah dengan cara mengupgrade kapasitas RAM ke yang lebih besar yang support dengan laptop yang digunakan.

4. BANYAK APLIKASI START UP YANG AKTIV

Aplikasi start up adalah aplikasi yang berjalan secara otomatis saat laptop atau komputer dihidupkan. Jika aplikasi start up terlalu banyak yang aktiv dapat menyebabkan laptop mengalami error saat dihidupkan atau laptop mengalami lambat saat dihidupkan pertama kali.

Solusi untuk mengatasi error pada laptop ini adalah dengan cara menonaktivkan start up aplikasi yang tidak perlu atau tidak penting pada settingan laptop masing - masing.

5. SALAH MENGHAPUS FOLDER SYSTEM WINDOWS

Banyak juga kasus laptop atau komputer mengalami eror yang disebabkan oleh sembarangan menghapus folder pada file manager komputer. Jika file system windows terhapus dari folder maka akan berakibat fatal seperti laptop mengalami error bahkan laptop tidak bisa dihidupkan lagi.

Solusi untuk mengatasi error pada laptop yang disebabkan oleh salah menghapus folder adalah dengan cara instal ulang windows dan membackup terlebih dahulu folder - folder penting ke flashdisk lain.

6. LAPTOP TERKENA VIRUS GANAS

Browsing di internet secara sembarangan dan menginstal aplikasi sembarangan dari internet akan membuat laptop atau komputer gampang terkena virus apa lagi kalau jarang update Windows Security. Jika laptop sudah terkena virus yang ganas maka laptop akan mengalami error serta blank dan tidak bisa digunakan lagi.

Solusi mengatasi laptop terkena virus adalah dengan cara menginstal ulang windows maka semua virus yang masuk ke laptop sebelumnya akan hilang sampai ke akar - akarnya.

7. HADWARE LAPTOP JAMURAN

Hardware laptop meliputi Motherboard, keyboard, lcd, hardisk. Hardware yang jamuran akan membuat kinerja laptop menjadi tidak maximal dan berujung pada laptop error saat dihidupkan. Laptop yang jamuran biasanya terjadi pada laptop yang terlalu lama tersimpan di tempat yang lembab dan jarang dipakai.

Solusinya bongkar laptop dan bersihkan bagian dalam laptop dari jamur dan debu.

KESIMPULAN

Banyak sekali cara mengatasi laptop error saat dihidupkan tergantung dari penyebab laptop mengalami error. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi laptop error adalah dengan cara mencari tahu penyebabnya dulu agar proses perbaikan pada laptop error bisa maximal.

Cara mengatasi laptop error saat dihidupkan ini dapat diterapkan pada brand - brand laptop terkenal seperti laptop asus, laptop acer laptop lenovo, bahkan notebook.