1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

Sablon Dtf Adalah | Penjelasan Tentang DTF Lengkap

Teknik sablon sudah mulai berkembang di dunia mulai dari teknik sablon manual sampai teknik sablon otomatis atau lebih dikenal dengan sablon digital. Mesin sablon digital sudah berkembang dengan cepat dan hampir mengalahkan teknik sablon manual yang bisa di bilang ribet. Baru - baru ini banyak tukang sablon manual berpindah ke sablon dtf karena lebih simple dan cepat untuk dikerjakan.

PENGERTIAN SABLON DTF

Sablon dtf adalah suatu teknik sablon digital yang menggunakan printer sebagai alat untuk mencetak gambar full color sesuai yang di edit di komputer kemudian diaplikasikan ke bahan kain dengan cara di press menggunakan mesin press kaos dengan suhu tertentu.Silahkan simak penjelasan lengkapnya mengenai teknik sablon dtf.

ALAT SABLON DTF

Dalam memulai usaha sablon dtf dibutuhkan alat sablon dtf  yang lengkap agar proses dalam mengerjakan sablon digital lebih maximal dan hasil sablon dtf bisa sesuai seperti yang diinginkan. Terus apa saja alat sablon dtf.

1. PRINTER DTF

Printer dtf biasanya menggunakan Ukuran printer dtf A3 untuk tukang sablon skala kecil dan untuk skala besar bisa menggunakan printer dtf ukuran besar dengan lebar 1 meter. Biasanya banyak tukang sablon dtf menggunakan printer dtf epson l1800, Dtf epson l1800 ini berasal dari printer epson l1800 yang sudah diubah tintanya menjadi tinta dtf khusus.

Banyak juga vendor - vendor printer di indonesia yang telah memodifikasi printer epson l1800 menjadi printer dtf dengan tambahan berbagai aksesoris seperti vakum dtf, modul roll to roll dtf bahkan ada yang membuat mesin untuk menabur adhesive powder dtf yang langsung menyambung dengan mesin pemanas.

Harga Printer Dtf 

Harga mesin dtf atau harga printer dtf A3 beraneka ragam mulai dari 10 jt sampai 20 jt tergantung dari berapa banyak modifikasi printer dtf nya. Jika hanya untuk harga dtf epson l1800 tanpa modifikasi sekitar 8jt an. Para tukang sablon biasanya banyak menggunakan mesin dtf epson l1800 karena printer ini sudah support 6 channel warna.

Beberapa merk printer dtf terbaik atau vendor mesin sablon dtf anatar lain:

  1. Printer Dtf Riecat Alfa
  2. Printer Dtf Rhinotec A3

2. ALAT PEMANAS

Alat pemanas sablon dtf biasanya berfungsi untuk melelehkan lem adhesive powder yang nantinya di gunakan untuk merekatkan hasil print ke bahan kaos atau kain. Alat pemanas sablon dtf berupa :

  • Hot Gun
  • Curing Sablon
  • Oven Kue ukuran A3
  • Oven khusus Dtf

Silahkan digunakan salah satu alat tersebut untuk memanaskan lem adhesive powder setelah proses print. Biasanya suhu yang digunakan untuk melelehkan kisaran diatas 100 derajat celcius.

3. MESIN PRESS KAOS

Mesin press kaos adalah alat yang paling penting untuk proses cetak sablon dtf. Alat mesin press kaos berfungsi untuk menyatukan tinta dtf yang sudah ditaburi adhesive powder dan sudah di lelehkan ke bahan kain seperti kaos dengan suhu 145 derajat sampai 165 derajat sekitar 15 detik dan dipress kedua sekitar 5 detik setelah pet film dtf di cabut agar hasil print dtf dapat menempel sempurna. Harga mesin press kaos kisaran 2 jt sampai 4 jt tergantung merk dan besarnya ukuran press kaos.

BAHAN SABLON DTF

Selain mesin print dtf untuk bisa mencetak sablon dtf juga diperlukan bahan - bahan sablon dtf yang berkwalitas agar hasil sablon dtf bisa lebih maximal dan awet saat pemakaian sehari - hari.

Bahan - bahan yang diperlukan untuk cetak sablon dtf, antara lain :

1. Tinta Dtf

Ada beberapa merk tinta dtf di pasaran dengan harga mulai dari 50 rb sampai 150rb. Jika sobat ingin membeli tinta dtf diusahakan berasal dari merk yang sudah teruji tintanya dapat menghasilkan warna yang cerah dan tidak gampang mengeras di dalam head printer yang menyebabkan kerusakan pada head printer nantinya.

Jenis tinta dtf adalah CMYK + W yaitu :

  • Cyan
  • Magenta
  • Yellow
  • Black dan
  • White

Pada epson l1800 dtf tinta putih dtf atau tinta white ditempatkan pada tabung LM (Light Magenta) dan LC (Light cyan). Diusahakan untuk berhati - hati di dalam menuangkan tinta dtf agar tidak salah masuk tabung pada dtf epson l1800.

Biasanya jika membeli tinta dtf dari vendor atau merk tertentu di usahakan yang tersedia Icc profile dtf untuk tinta warna dtf tersebut. Fungsi dari icc profile dtf adalah untuk menyamakan warna dengan aslinya dan menghindari migrasi warna saat proses cetak kaos dtf.

2. Pet Film Dtf

Pet Film Dtf adalah bahan yang digunakan untuk media print dtf. Pet film dtf khusus ini berupa plastik mika anti panas yang di satu sisi sudah berisi coating khusus agar bisa diprint. Ada banyak macam pet film dtf di pasaran dengan berbagai macam ukuran mulai ukuran A4, A3 sampai Roll pet film yang panjangnya sampai 10 meter. 

Jika teman - teman ingin membeli pet film dtf diusahakan yang memiliki coatingan agak tebal agar tinta tidak mleber dan mudah dicabut setelah di press di kaos. Selain pet film standar ada juga pet film dtf glow in the dark yang sudah mengandung fospor. Dtf glow in the dark ini khusus digunakan pada malam hari karena sablonannya akan menyala terang.

3. Adhesive Powder

Adhesive powder dtf merupakan serbuk lem yang akan meleleh pada suhu tertentu. Adhesive powder dtf ini dimanfaatkan untuk merekatkan hasil print dtf di atas pet film dengan cara menaburkannya pada hasil print dtf lalu dipanaskan dengan hotgun, curing dtf maupun oven dtf dengan suhu 140 - 160 derajat celsius.

TOOLS KIT DTF

Tool kit dtf merupakan alat tambahan yang dipasang pada mesin printer dtf desktop. Fungsi tool kit dtf ini adalah untuk memudahkan para tukang sablon dalam proses print sablon dtf. Beberapa tools kit yang beredar di pasaran seperti:

1. Vakum Dtf

Vakum dtf berfungsi sebagai tatakan print dtf agar pet film dtf tidak melengkung ke atas dan tidak menabrak head printer yang menyebabkan hasil print sablon dtf menjadi cacat atau rusak. Harga vakum dtf di pasaran kisaran 700rb - 900rb di marketplace indonesia.

2. Modul Roll to Roll

Modifikasi mesin printer dtf desktop dengan modul roll to roll berfungsi agar pet film bisa masuk langsung ke bawah head printer dan langsung melakukan proses print. Module roll to roll ini mematikan fungsi sensor penarik kertas yang sering menyebabkan pet film loss atau tidak mau melakukan print pada pet film karena ukuran pet film yang tipis dan bening sehingga sensor kertas mendeteksi seperti tidak ada kertas yang masuk.

Modul roll to roll dtf adalah solusi mengatasi pet film loss pada printer desktop seperti epson l1800. Untuk harga modul roll to roll ini kisaran 800rb - 1jt di marketplace.

3. Pet Film Holder Dtf

Pet film holder dtf khusus dipakai untuk pengguna dtf yang menggunakan pet film gulungan atau rollan dengan panjang sampai 100meter. Pet film holder dtf diletakkan di bagian belakang printer dtf desktop sebagai pengganti tempat kertas.

Untuk harga pet holder dtf berada di kisaran 200rban di marketplace seperti tokopedia, shoppe dan bukalapak.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN SABLON DTF

Sablon dtf dapat dicetak dengan cepat dan dengan kwalitas sablon dtf yang sangat bagus dan juga bisa mensablon baju dengan full color sekaligus. Banyak yang bilang sablon dtf dengan istilah dtf plastisol. Dibalik itu ada kelebihan dan kekurangan dari sablon dtf yang perlu sobat dewataa ketahui. Silahkan simak kelebihan dan kekurangan sablon dtf pada artikel sebelumnya secara lengkap. 

Namun ada beberapa kelemahan sablon dtf yang perlu diwaspadai seperti:

1. Gampang mengkerut jika terkena strika panas secara langsung saat menyetrika pakaian.  
  • Solusinya. Harus ketika saat setrika gambar dtf pada kaos harus disetrika di bagian dalam baju atau bisa juga di tutupin dengan alas baju lainnya.

2. Gampang migrasi warna

  • Migrasi warna setelah di press ke kaos biasanya disebabkan oleh tinta putih yang kurang pekat sehingga warna baju tembus ke warna sablon dtf sehingga menyebabkan warna sablon dtf menjadi migrasi ke warna kaos.

3. Tidak semua jenis kain dapat di sablon dengan dtf

  • Sablon dtf sangat cocok untuk jenis kain seperti kain kaos cotton combed, namun ada beberapa jenis kain seperti kain polyster dll yang tidak dapat menempel dengan maximal.

Untuk kelebihan dan kekurangan sablon dtf yang lebih lengkap silahkan baca di artikel sebelumnya dengan kata kunci dtf di pencarian website dewataa.com ini. 

HARGA SABLON DTF

Jika teman - teman ingin membuka usaha sablon dtf namun belum bisa membeli mesin sablon dtf, ada solusi terbaik untuk itu yaitu teman - teman bisa memanfaatkan jasa sablon dtf di kota masing - masing. Teman - teman tinggal membeli sablon dtf yang sudah jadi lalu press ke kaos di rumah.

1. Harga Sablon Dtf Tanpa Kaos

  • Ukuran A4 - 30rb
  • Ukuran A3 - 40rb
  • 1 Meter dtf - 100rb

2. Harga Sablon Dtf Dengan Kaos

  • Ukuran A4 - 65rb
  • Ukuran A3 - 85rb

Itu harga sablon dtf yang banyak beredar di pasaran jika memesan sablon dtf dengan kuantitas banyak tentunya akan mendapatkan harga sablon dtf lebih murah.

Sekian penjelasan tentang dtf lengkap. Semoga bermanfaat untuk teman - teman yang ingin memulai usaha di bidang print sablon dtf. Untuk informasi lainnya tentang sablon dtf silahkan baca - baca pada artikel sebelumnya.

Posting Komentar

Posting Komentar