Gratis Premium Akun Envato Element, Grammarly, Canva Telegram Group

7 Pura Nusa Penida Untuk Tirta Yatra

Daftar pura di nusa penida - Sebagai seorang umat beragama hindu sudah terbiasa untuk bersembahyang ke pura - pura besar yang ada di bali atau orang bali biasa menyebutnya sad khayangan untuk memohon keselamatan, kebahagiaan serta bisa melewati rintangan - rintangan yang ada di dalam diri kita.

Nama Pura Di Nusa Penida

Bersembahyang ke tempat - tempat suci di bali biasa disebut dengan kegiatan tirta yatra. Tirta yatra biasanya terdiri lebih dari 5 orang yang berpergian bersama - sama menggunakan kendaraan ke beberapa tempat pura yang ada di bali. Sebelum memulai kegiatan tirta yatra di bali sebaiknya teman - teman mencatat terlebih dahulu pura - pura yang akan dikunjungi untuk kegiatan bersembahyang bersama agar perjalanan semakin lancar dan tanpa halangan.

Pada artikel ini akan membahas tempat sembahyang di nusa penida bali. Karena nama pura di nusa penida sangat banyak dan sangat cocok sekali untuk kegiatan tirta yatra ke nusa penida sekalian untuk menikmati objek wisata yang ada di nusa penida.

DAFTAR PURA DI NUSA PENIDA

Agar bisa sampai ke nusa penida dan melakukan kegiatan tirta yatra ke nusa penida, teman - teman harus menyebrangi lautan terlebih dahulu mengunakan speed boat yang berada di 3 lokasi di bali, karena nusa penida berada di suatu pulau di wilayah bali. Silahkan baca 3 lokasi penyebrangan ke nusa penida pada artikel sebelumnya agar bisa sampai ke nusa penida dengan cepat.

Tempat tirta yatra di nusa penida:

1. Pura Puncak Mundi

Pura puncak mundi nusa penida berada di atas bukit nusa penida, biasanya pura puncat mundi dijadikan pura pertama yang harus dikunjungi jika ingin tirta yatra ke nusa penida karena tempatnya yang jauh dari pelabuhan. Pura puncak mundi nusa penida berada di desa klumpu, nusa penida, klungkung - bali. Di pura puncak mundi juga terdapat pura dalem krangkeng yang berada di sebelah pura puncak mundi.

2. Pura Dalem Krangkeng

Pura dalem krangkeng nusa penida terletak di desa klumpu, nusa penida, tepat sesudah pura puncak mundi. Pura dalem krangkeng terdapat beberapa ekor kera yang berkeliaran dan harus tetap berhati - hati ketika nagkil tirta yatra ke pura dalem krangkeng.

3. Pura Segara Kidul

Pura segara kidul nusa penida adalah pura untuk persembahyangan untuk penguasa pantai selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Pura segara kidul berada di desa peguyangan nusa penida. Pura segara kidul ini berada di bawah tebing yang tinggi dengan jalan yang extream melewati anak tangga yang curam. Didalam pura segara idul terdapat mata air tawar yang besar yang terletak di samping laut. Untuk teman - teman yang takut dengan ketinggian tidak dianjurkan untuk ikut nangkil tirta yatra ke pura segara kidul serta untuk orang yang punya kelebihan berat badan akan terasa ngos - ngosan ketika balik dari pura segara kidul ke jalan raya.

4. Pura Paluang / Pura Mobil Nusa Penida

Pura mobil nusa penida terletak di desa karang dawa, nusa penida. Pura mobil nusa penida biasa di sebut dengan pura paluang, berdasarkan informasi dari warga sekitar pura paluang atau pura mobil nusa penida sudah ada sejak 300 tahun yang lalu dan sudah direnovasi beberapa kali dengan tetap menjaga keasliannya.  Pura paluang nusa penida ini sangat unik sekali dan hanya ada dinusa penida karena pura berbentuk mobil.

5. Pura Batu Medawu

Pura Batu medawu nusa penida juga merupakan salah satu pura umum yang terletak di desa suana, nusa penida dan teretak tidak jauh dengan pelabuhan karena pura ini berada di pesisir pantai nusa penida. Tempatnya tersembunyi dari jalan umum dan harus melewati jalan kecil untuk bisa sampai di pura batu medawu nusa penida.

6. Pura Goa Giri Putri

Pura goa putri nusa penida adalah salah satu pura terunik yang ada di bali dan di nusa penida karena pura goa giri putri berada di dalam goa besar di atas bukit yang mana pintu masuknya hanya bisa muat untuk 1 orang saja. Di dalam pura goa giri putri terdapat pura sebanyak 5 macam pura yang harus di sembahyangi dan terakhir terdapat pura dewi kwam im nusa penida.

7. Pura Dalem Ped

Pura dalem ped nusa penida biasanya adalah pura terakhir yang dikunjungi jika tirta yatra ke nusa penida. Pura dalam ped juga dijadikan untuk tempat istirahat dan menginap atau mekemit karena terdapat wantilan yang besar sesudah seharian melakukan kegiatan tirta yatra. Jumlah pura yang terdapat di dalam area pura ped nusa penida berjumlah 5 pura yang berbeda - beda.

Itulah tempat sembahyang di nusa penida jika ingin melakukan kegiatan tirta yatra nusa penida. Jangan lupa di catat daftar pura di nusa penida beserta informasi pura di nusa penida tersebut agar kegiatan tirta yatra bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment