Gratis Premium Akun Envato Element, Grammarly, Canva Telegram Group

Cara Membuat Seaman Book Di Bali Terlengkap

Cara Membuat Buku Pelaut Online

Pada artikel ini akan membahas tentang cara membuat seaman book di bali karena di daerah bali banyak sekali pelaut - pelaut kapal pesiar namun tidak begitu mengerti cara membuat buku pelaut serta cara memperpanjang buku pelaut atau seaman book.

Pengertian Seaman Book atau Buku Pelaut

Seaman book atau buku pelaut adalah dokumen resmi dari negara indonesia yang yang wajib dimiliki untuk mereka yang bekerja di laut baik kapal perikanan maupun kapal niaga. Seaman book ini juga berlaku untuk pelaut international jadi jika berlayar ke negara lain maka seaman book ini yang harus dipersiapkan selain pasport dan visa.

Tempat Pembuatan Seaman Book Di Bali

Tempat membuat seaman book atau buku pelaut di daerah bali bisa langsung menuju ke Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Benoa dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan, untuk alamat lengkapnya bisa di cek langsung di google map. Sekarang proses pembuatan buku pelaut sudah bisa dilakukan secara online, silahkan simak cara membuat seaman book online di bawah ini.

Biaya Pembuatan Seaman Book

Pemerintah indonesia menyamakan semua harga pembuatan dokumen buku pelaut atau seaman book. Biaya pembuatan seaman book baru adalah Rp. 100.000 / Dokumen. Sedangkan untuk biaya perpanjangan buku pelaut atau seaman book sebesar Rp. 10.000 / Stempel dengan membawa beberapa persyaratan pendukung.

Syarat Membuat Seaman Book Atau Buku Pelaut

Jika teman - teman ingin membuat buku pelaut silahkan siapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa membuat seaman book online maupun offline.

  • Surat keterangan sehat dari rumah sakit yang direkomendasikan atau bisa membawa hasil medical check up.
  • Foto Copy BST (Basic Safety Training).
  • SKCK asli dan foto copy.
  • Membawa pas foto 5x5 dan 3x4 masing - masing 3 lembar (Menggunakan baju kemeja warna putih lengan panjang dan dasi berwarna hitam dengan background foto berwarna biru untuk pelaut kapal pesiar).
  • Foto copy KTP.
  • Foto copy akte kelahiran.
  • Surat pernyataan belum pernah memiliki buku pelaut dengan materai. Bisa didapat di Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Benoa secara langsung saat membawa dokumen pembuatan seaman book.
  • Membawa buku pelaut asli jika sebelumnya pernah memiliki buku pelaut atau seaman book.

Cara Membuat Seaman Book / Buku Pelaut

Cara membuat seaman book di bali ada 2 macam cara yaitu membuat seaman book online dan offline. Silahkan langsung saja ikuti cara membuat buku pelaut di bali agar tidak menggunakan calo yang memakan biaya mahal.

Seaman Book Online

  1. Silahkan langsung mengunjungi situs https://dokumenpelaut.dephub.go.id.
  2. Pada menu tampilan awal silahkan pilih Buku Pelaut / Seaman Book.
  3. Pada tampilan selanjutnya pilih menu Pelaut / Seamans.
  4. Selanjutnya silahkan membuat akun buku pelaut online dengan cara klik buat akun. Silahkan isi identitas data diri dengan benar sesuai dengan aslinya.
  5. Pada form kode pelaut silahkan isi 10 digit dari depan No sertifikat BST.
  6. Terakhir klik register.
  7. Jika proses pembuatan akun buku pelaut online selesai silahkan langsung melakukan login ke buku pelaut online.
  8.  Jika sudah melakukan proses login silahkan buka menu permohonan dan pilih buku pelaut.
  9. Tampilan selanjutnya pilih buat permohonan dan silahkan isi identitas diri dengan benar sesuai dengan data diri aslinya.
  10. Silahkan ikuti prosesnya dan tulis data diri beserta sertifikat dengan benar sesuai dengan yang aslinya untuk memudahkan proses membuat buku pelaut online.
  11. Tahap selanjutnya silahkan pilih tempat untuk mencetak buku pelaut dan pilih yang terdekat dengan tempat tinggal.
  12. Terakhir cetak surat permohonan buku pelaut dan datang langsung ke syahbandar yang dituju sesuai dengan jadwal yang diberikan dengan membawa surat permohonan buku pelaut dan syarat - syarat membuat buku pelaut seperti yang dijelaskan di atas.

Seaman Book Offline

Jika ingin membuat buku pelaut secara offline silahkan langsung ke Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Benoa dengan membawa semua persyaratan membuat buku pelaut dan memakai baju kemeja warna putih beserta dasi dan celana hitam serta memakai sepatu hitam.

Cara membuat seaman book sekarang sudah semakin mudah dengan adanya seaman book online atau buku pelaut online. Selalu ingat melengkapi persyaratan membuat seaman book online agar proses membuat buku pelaut menjadi lancar dan mudah. Cara membuat seaman book online ini dibuat sesuai dengan pengalaman admin membuat seaman book online dan terbilang sangat mudah sekali.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment