1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

3 Cara Konversi Word Ke Pdf Di Hp | Laptop | Online

Cara Konversi Word Ke Pdf

Konversi word ke pdf - Pada artikel sebelumnya sudah membahas tentang cara membuat tanda tangan dan cara memasukkan gambar maupun foto ke word hp dan laptop, pada artikel ini akan membahas tentang cara konversi word ke pdf atau mengubah file mucrosoft word ke file pdf agar bisa di kirim lewat email.

Pengertian PDF

Pdf kepanjangan dari Portable Document Format yang merupakan suatu format file dokumen yang diciptakan oleh adobe system yang mempunyai fungsi agar mempermudah proses tukar - menukar file dokumen antar pengguna secara digital.

Di era digital ini banyak yang memanfaatkan format pdf untuk keperluan mengirim dokumen lewat email seperti mengirim surat lamaran kerja, CV, sertifikat dll. Format pdf sangat membantu sekali dalam proses mengirim dokumen lewat email karena ukuran file pdf bisa dikompres sehingga ukuran file menjadi tidak terlalu besar.

Cara Konversi Word Ke Pdf

Ada beberapa cara konversi word ke pdf baik secara online maupun offline bisa menggunakan hp, laptop maupun komputer. Silahkan disimak cara mengubah word ke pdf terbaik dan gratis berikut ini.

1. Cara Konversi Word Ke Pdf Di Laptop / Komputer

Cara mengubah atau konversi word ke pdf secara gratis adalah langsung melalui aplikasi microsoft word itu sendiri. Jika sobat mempunyai file dokumen format word (docx) maka bisa langsung mengubah ke format pdf.

  1. Pertama silahkan buka dokumen di aplikasi microsoft word.
  2. Cari menu File kemudian Save As.
  3. Silahkan pilih tempat atau folder untuk menyimpan file pdf.
  4. Selanjutnya akan muncul pop up untuk mengubah nama file dan format file, silahkan ubah format file word ke pdf pada bagian Save As Type kemudian pilih PDF.
  5. Terakhir pilih save.

Dengan begitu file yang semula berupa word dengan format .docx akan berubah menjadi format pdf. Cara konversi word ke pdf ini bisa menggunakan semua versi microsoft word dari 2007, 2010 sampai yang terbaru pada windows 10 maupun windows 7.

2. Cara Konversi Word Ke Pdf Di Hp

Selain melalui komputer atau laptop sobat juga bisa konversi word ke pdf di hp android, cara mengubah format word ke pdf di hp juga cukup simple dan mudah dengan syarat pada hp android sudah terinstall aplikasi word yang dapat di download secara gratis di google play store.

  1. Pertama buka file dokumen word di hp masing - masing.
  2. Ketika sudah selesai mengedit, silahkan cari icon titik tiga pada pojok kanan atas.
  3. Pada menu pop up muncul beberapa menu dan sobat hanya perlu memilih menu Share As Pdf.
  4. Selanjutnya silahkan pilih copy to storage dengan icon folder untuk menyimpannya di folder hp.
  5. Terakhir silahkan cek pada folder file manager di hp.

Itulah cara mengubah format word ke pdf di hp secara gratis, silahkan dipraktekkan untuk menyimpan file pdf langsung di hp android masing - masing.

3. Cara Konversi Word Ke Pdf Online

Selain menggunakan aplikasi microsoft word, sobat juga bisa konversi word ke pdf tanpa aplikasi dan secara gratis lewat website penyedia konversi word ke pdf maupun mengubah pdf ke word online. Salah satu konversi word ke pdf online yang paling banyak digunakan adalah adalah dari situs ilovepdf.com.

  1. Pertama silahkan menuju situs ilovepdf.com lewat browser google chrome atau yang lainnya.
  2. Sobat tinggal uplode file format word (.docx) ke situs ilovepdf.com.
  3. Selanjutnya silahkan klik convert to pdf.
  4. Terakhir silahkan download dan simpan di file manager hp maupun laptop masing - masing.

Selain konversi dari word ke pdf, ilovepdf.com juga bisa konversi atau mengubah dari pdf ke word secara online dan tentunya gratis tanpa aplikasi tambahan. Hasil dari konversi ke pdf ini akan menghasilkan ukuran file pdf yang berukuran kecil sehingga sangat aman untuk dikirim lewat email nantinya.

Sekian tutorial atau cara konversi word ke pdf baik melalui hp, laptop maupun komputer dan bisa juga secara online maupun offline. Semoga informasi ini bermanfaat dan silahkan baca juga artikel lainnya tentang microsoft word di situs dewataa.com ini.

Posting Komentar

Posting Komentar