Dampak Buruk Jump Ship Lewat Kapal Pesiar Di Amerika

Dampak Buruk Jump Ship

Istilah jump ship kapal pesiar - Jump ship kapal pesiar dapat diartikan sebagai seseorang yang bekerja di kapal pesiar namun kabur dari tempat kerja dan memilih bekerja di darat di negara tersebut. Biasanya jump ship terjadi ketika seseorang akan bekerja ke kapal pesiar atau sedah habis masa kontrak kerja ketika akan pulang ke negera tujuan.

Sekarang perusahaan kapal pesiar didunia sudah menerapkan beberapa kebijakan tentang crew yang kabur dari kapal pesiar. Peraturan sekarang lebih ketat dari sebelumnya, hal ini karena pemerintah khususnya amerika menerapkan denda yang besar ke perusahaan kapal pesiar jika ada salah satu crewnya yang kabur atau menjadi imigrant ilegal di amerika.

Negara Yang Banyak Terjadi Jump Ship

Salah satu negara yang sering dijadikan target jumpship dari kapal pesiar adalah negara amerika serikat. Kenapa mereka memilih negara amerika serikat? karena gaji bekerja di darat di amerika cukup besar ketimbang di cruise ship atau kapal pesiar. Bekerja di daratan amerika, kamu bisa dibayar $10 - $20 per jam dan bekerja selama 8 - 10 jam setiap hari dan dalam seminggu mendapatkan libur 1 hari.

Dalam sebulan para crew yang jump ship ini bisa mendapatkan gaji sebesar $2500 - $3000. Hal inilah yang menyebabkan crew kapal pesiar banyak yang jump ship di daerah amerika serikat.

Penyebab Jump Ship

Berdasarkan dari wawancara ke teman - teman yang sudah pernah jump ship dari kapal pesiar, penyebab utama terjadinya jump ship adalah karena mereka menginginkan gaji yang besar. Seperti yang dijelaskan diatas gaji rata - rata bekerja di daratan amerika sekitar $2500 - $3000 atau bahkan lebih per bulannya.

Dampak Buruk Jump Ship Dari Kapal Pesiar

Jika kamu memiliki keinginan untuk jump ship dari kapal pesiar, sebaiknya kamu memahami artikel ini, karena sekarang peraturan pemerintah amerika sudah sangat tegas dan ketat tentang orang - orang yang ilegal memasuki negara amerika.

Berikut ini dampak buruk jika kamu melakukan aksi jumpship di amerika serikat :

  1. Di deportasi atau dipulangkan secara paksa akan mengarah ke dalam bentuk pemberlakuan larangan lain yang bisa berpengaruh pada saat melamar pekerjaan baik di indonesia maupun di luar negeri.
  2. Ketika pelaku pelanggaran tertangkap, maka akan dideportasi atau dipulangkan secara paksa san tidak akan pernah bisa mendapatkan U.S Visa di masa mendatang. Dampak tersebut juga berlaku untuk semua keluarga kamu.
  3. Informasi kamu akan dimasukkan di pusat data internasional dan setelah tertangkap akan dipulangkan secara paksa.
  4. Dampak dari melarikan diri juga sangat besar dan dapat mengarah pada pemberlakuan larangan bagi rekan - rekan dari negara anda.
  5. Melarikan diri dari kapal saat akan bergabung atau saat kontrak berakhir adalah suatu bentuk pelanggaran berat.
  6. Tidak kembali ke kapal dari port pemberhentian juga termasuk bentuk pelanggaran berat.

Semua dampak tersebut akan berlaku bagi keluarga kamu dan jika terlalu banyak pekerja yang melakukan jump ship dari kapal pesiar maka larangan bekerja ke kapal pesiar akan dijatuhkan ke negara, yang artinya negara tersebut akan diblacklist dan tidak seorangpun akan bisa bekerja ke kapal pesiar lagi.

Jadi buat teman - teman yang berkeinginan untuk melakukan jump ship dari kapal pesiar, sebaiknya berpikir 2 kali dulu, karena jika kamu tertangkap maka kamu bisa dipenjara di negara tersebut untuk kurun waktu yang sangat lama. Karena melarikan diri dari kontrak kerja yang legal sudah termasuk pelanggaran kriminal berat di suatu negara terutama di amerika serikat.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment