Cara Mengatasi Lupa Password Dan Email Di MyRCL Cruise Ship

Cara Mengatasi Lupa Password MyRCL

Halo sobat kapal pesiar khususnya RCCL Group (Royal Caribbean dan Celebrity Cruise Ship) yang sering menggunakan aplikasi MYRCL untuk memantau semua dokumen dan LOE serta tiket penerbangan maupun kepulangan.

Apa Itu MyRCL App

MyRCL app merupakan suatu aplikasi khusus crew kapal pesiar dari RCCL. Aplikasi tersebut digunakan agar crew kapal pesiar bisa memantau segala informasi penting yang berhubungan dengan kapal pesiar. Selain itu aplikasi MyRcl juga digunakan untuk melihat kontrak kerja yang akan datang, tiket pesawat serta melihat semua dokumen - dokumen yang berhubungan dengan kapal pesiar tempat bekerja.

Maka dari itu setiap crew kapal pesiar baik yang baru lulus interview maupun yang sudah bekerja pasti memiliki aplikasi MyRCL ini. Terus apa yang terjadi jika suatu saat kita lupa email dan password MyRCL ini? Silahkan simak penjelasan berikut ini tentang cara memulihkan password maupun email yang lupa di akun aplikasi MyRCL.

Kapan MyRCL Bisa Diakses?

Aplikasi MyRCL sudah bisa diakses ketika kamu sudah lulus interview dan sudah mendapatkan ID Crew kapal pesiar. Berikut ini saya akan membahas beberapa kasus yang berhubungan dengan ID Crew yang ditahan oleh Agen abal - abal.

Kasus ID CREW Di Tahan Oleh Agen Kapal Pesiar Abal - Abal

Taukah kamu, saat kita melamar kerja di kapal pesiar khususnya di Royal Caribbean maupun Celebrity X Cruise, kita akan dibuatkan akun MYRCL oleh pihak agen tempat kita melamar kerja ke kapal pesiar. Agen resmi kapal pesiar biasanya menyuruh kita untuk membuat email baru yang nantinya didaftarkan ke akun MyRCL sedangkan agen abal - abal akan membuat sendiri dan email serta password tidak akan diberikan sampai kita melunasi semua pembayaran sebelum hari keberangkatan.

Agen abal - abal akan memberikan ID + Password MyRcl saja namun password email tidak diberikan atau email + password diberikan namun didalam email tersebut diselipi no tlp atau email pemulihan untuk mengganti password nantinya oleh pihak agen.

Ada pernah seorang crew member dari Royal Caribbean yang kehilangan akun MyRcl sehingga dia tidak bisa login dan mengecek LOE maupun tiket pesawat dan setelah melakukan proses Forgot Password ternyata emailnya pun tidak bisa diakses lagi karena sudah diganti oleh pihak agen abal - abal tersebut. 

Setelah ditelusuri penyebab agen melakukan itu karena crew member tersebut memutus hubungan dengan agen kapal pesiar tersebut karena tidak tahan dengan segala macam AGENT FEE / Pungli yang dikenakan setiap kali menyelesaikan kotrak kerja.

Cara Memulihkan Akun MyRCL Yang Lupa Password Email

Mungkin banyak teman - teman crew member yang tidak mengetahui cara memulihkan akun MyRCL yang lupa password Emailnya entah itu karena Hp tereset, hilang ataupun memang lupa passwordnya. Silahkan simak cara memulihkan akun MyRCL Royal Caribbean.

Saat Vacation Atau Berada Di Rumah

  1. Pertama silahkan langsung menuju ke Service Desk Royal Caribbean di Link berikut ini Royal Caribbean Service Desk
  2. Selanjutnya silahkan lihat di menu Contact us about pilih Service Request
  3. Kemudian klik menu dibawahnya General Request, Technical Assistance Needed.
  4. Kemudian akan muncul form dibawahnya dan silahkan diisi form tersebut. 
  5. Pada kolom Email confirmation to silahkan diisi dengan alamat email yang baru.
  6. Full Name diisi dengan nama lengkap dan Email Address diisi dengan alamat email sebelumnya.
  7. Ship Code silahkan pilih kapal tempat kamu bekerja.
  8. Kolom Issue Tittle diisi dengan Request For Password Reset.
  9. Kolom Description juga sama Request For Password Reset.
  10. Bagian kolom application silahkan pilih MyRcl App.
  11. Kolom Employee/Crew Member ID isi dengan ID crew member kamu.
  12. Kolom Users Affected? pilih Minor/Localized.
  13. Terakhir klik tombol Send. 
  14. Silahkan di cek email yang masuk di alamat email yang baru. 

Saat Sedang Onboard

  1. Ketika kamu masih berada di kapal pesiar, kamu bisa datang langsung ke Crew HR dan beritahu mereka tentang masalah di aplikasi MyRCL. 
  2. Pihak Crew HR akan sangat mudah mengatasi masalah seperti ini dan langsung di ganti dengan email yang baru.

Setelah kamu mengirim tiket ke HR Service Desk nanti kamu bisa berkomunikasi dengan Pihak HR RCCL dan silahkan kasi tau keluhan kamu pada email tersebut. Biasanya membutuhkan waktu beberapa jam maupun hari dan akan dibalas saat jam kerja.

Itulah cara untuk memulihkan akun MyRCL yang dibajak oleh agen abal - abal yang banyak berkeliaran. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk crew member yang mengalami masalah tentang akun MyRCL yang tidak dapat di buka atau di akses. 

Silahkan share ke teman - teman crew kapal pesiar, agar mereka yang mempunyai masalah yang sama bisa dengan cepat menyelesaikannya.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment