1L62dCgBEs8qpLKzcxBudURV1DeJtCJrbdlH96We
Bookmark

7 Cara Mengatasi Laptop Asus Lemot Windows Paling Ampuh

Mengatasi Laptop Lemot

Cara mengatasi laptop lemot - Laptop merupakan perangkat komputer portable yang dapat digunakan untuk keperluan mengetik, browsing di internet, bermain game, presentasi dll. Semakin lama laptop digunakan untuk bekerja maka performa laptop tersebut akan menurun seiring dengan usia laptop tersebut.

Permasalahan yang sering ditemukan di laptop adalah kinerja laptop menjadi lemot. Laptop lemot dapat disebabkan oleh beberapa masalah mulai dari software sampai ke hardwarenya dan dapat diatasi dengan beberapa cara.

Cara mengatasi laptop asus lemot windows 10 yang paling gampang adalah dengan membawanya langsung ke orang yang mengerti dengan permasalah laptop baik keluarga dekat, teman maupun teknisi laptop.

Sebelum meminta bantuan cara mengatasi laptop lemot, sobat bisa mengecek beberapa komponen yang dapat menyebabkan masalah laptop asus lemot. Silahkan disimak dengan baik artikel tentang cara mengatasi laptop lemot windows 11, windows 10, windows 8 dan windows 7.

Beberapa Penyebab Laptop Lemot

Ada beberapa penyebab utama kenapa laptop asus lemot. Penyebab ini merupakan penyebab umum yang sering dialami oleh pengguna laptop.

1. Hard Drive Penuh

Seiring berjalannya waktu, memory hard drive laptop akan otomatis selalu bertambah setiap kali kalian meyalakan laptop untuk beraktifitas. Hard disk laptop yang penuh dapat meyebabkan laptop lemot saat membuka aplikasi dan juga menjadikan laptop lambat booting.

2. Hard Drive Rusak

Hard drive pada laptop berfungsi untuk read dan write. Jika hard disk mengalami kerusakan baik karena umurnya yang sudah lama atau kerusakan karena kelalainan pengguna juga dapat mempengaruhi kinerja laptop asus dan membuat laptop asus menjadi lemot.

3. Windows Sudah Usang

Jika sobat masih menggunakan windows lama yang sudah tidak di support lagi, seperti windows 7 dan windows 8 maka ada kemungkinan menjadi penyebab laptop lemot. Karena beberapa aplikasi laptop terbaru memerlukan sistem operasi terbaru juga.

4. Driver Tidak Diupdate

Driver merupakan perangkat lunak yang berfungsi menghubungkan perangkat keras komputer, seperti kartu grafis, sound card, atau perangkat input, dengan sistem operasi. Driver yang tidak pernah diperbarui dapat menyebabkan masalah kinerja pada laptop dan dapat menyebabkan masalah pada sistem operasi seperti laptop lemot saat dinyalakan.

5. Virus dan malware

Laptop yang terinfeksi oleh virus dapat merusak kinerja laptop. Karena virus akan membuat laptop bekerja dengan keras sehingga laptop menjadi panas dan beberapa komponen menjadi rusak. Kebanyakan penyebab laptop asus lemot adalah karena terinfeksi virus dan malware.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows

Setelah sobat mengetahui penyebab laptop lemot di windows maka sekarang akan dibahas tentang cara mengatasi laptop lemot. Cara berikut ini dapat diterapkan disemua tipe laptop seperti laptop asus, toshiba, hp, redmibook baik menggunakan sistem operasi windows 7, 8, 10 dan windows 11. 

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Uninstall atau hapus aplikasi yang tidak diperlukan adalah cara yang mudah dan paling efektif untuk meningkatkan kinerja laptop kalian. Aplikasi yang tidak pernah digunakan atau tidak penting yang terinstall di laptop dapat mengonsumsi sumber daya sistem yang berlebihan dan merupakan salah satu penyebab kinerja laptop menurun seperti laptop lemot saat membuka aplikasi.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak diperlukan di laptop kalian, kamu dapat mengikuti beberapa langkah - langkah berikut ini:

  1. Buka Control Panel yang ada pada laptop kalian.
  2. Klik menu Program dan Fitur, dan silahkan kalian cari aplikasi yang ingin kalian hapus.
  3. Klik tombol Uninstall dan ikuti instruksi yang diberikan untuk menguninstall aplikasi tersebut.
  4. Ulangi semua proses ini untuk setiap aplikasi yang ingin di hapus.

Atau kalian juga bisa dengan mengeklik kanan aplikasi yang ingin di hapus pada start menu atau di windows explorer kemudian klik uninstall aplikasi.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pembersih sistem untuk menemukan dan menghapus semua aplikasi yang tidak diperlukan secara otomatis. Ada banyak aplikasi pembersih sistem yang populer dan tersedia secara gratis di internet.

Dengan menghapus semua aplikasi yang tidak digunakan atau tidak diperlukan dapat meningkatkan kinerja laptop kalian dan bisa terbebas dari masalah laptop asus lemot di windows 10.

2. Bersihkan Cache Laptop

Rutin membersihkan cache adalah cara lain dan ampuh untuk mengatasi google chrome lemot di laptop kalian. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh sistem operasi dan aplikasi untuk mempercepat proses pengambilan data di masa depan. Namun, jika cache pada laptop terlalu banyak dan jarang dibersihkan secara rutin, ini akan berdampak dan menyebabkan kinerja laptop menurun sehingga menjadikan laptop lemot setelah update windows.

Untuk membersihkan cache di laptop, Anda dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Buka browser internet Anda dan klik pada pengaturan atau preferensi.
  2. Temukan opsi "clear browsing data" atau "clear cache" dan klik pada itu.
  3. Pilih jangka waktu yang Anda inginkan untuk membersihkan cache, misalnya selama 1 bulan terakhir.
  4. Klik "Clear data" atau "Clear cache" untuk membersihkan cache.
  5. Ulangi proses ini untuk setiap browser internet yang digunakan.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pembersih sistem yang tersedia di internet secara gratis untuk membersihkan cache laptop secara otomatis dan maximal.

Selain kalian membersihkan cache di browser laptop, Anda juga dapat membersihkan cache dari aplikasi yang sering digunakan, seperti aplikasi media sosial maupun aplikasi game. Langkah membersihkan cache ini bervariasi sesuai dengan aplikasi yang digunakan pada laptop, namun umumnya dapat ditemukan di menu pengaturan atau preferensi aplikasi.

3. Gunakan Antivirus

Dengan menggunakan antivirus di laptop adalah cara yang sangat penting untuk melindungi laptop Anda dari virus, malware, dan merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 11. Antivirus dapat memindai sistem Anda secara teratur untuk menemukan dan menghapus virus yang mengancam keamanan pada laptop kalian, sehingga memastikan bahwa sistem pada laptop Anda tetap aman dan dapat berfungsi dengan baik. 

Kalian juga dapat mengaktifkan fitur real-time protection yang dimiliki oleh beberapa antivirus ternama, sehingga antivirus akan melakukan scan secara otomatis ketika menemukan file baru yang di akses atau di copy ke dalam laptop. Antivirus sangat berperan penting mengatasi laptop lambat booting windows.

4. Gunakan Aplikasi Yang Sesuai

Menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot saat membuka aplikasi. Aplikasi yang memerlukan spesifikasi yang lebih tinggi dari yang dimiliki oleh laptop Anda dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi menurun dan menyebabkan masalah seperti laptop lemot atau crash. 

Dengan menggunakan aplikasi yang tepat dengan spesifikasi laptop kalian, maka kalian sudah bisa mengatasi laptop lemot saat membuka aplikasi maupun mengatasi laptop lambat booting windows 7.

5. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

Menyesuaikan penggunaan aplikasi pada laptop merupakan cara lain untuk mengatasi laptop lemot pada windows. Beberapa aplikasi berat dapat mengonsumsi sumber daya sistem yang berlebihan, sehingga dapat menurunkan kinerja laptop dan berujung pada laptop asus menjadi lemot jika digunakan secara bersamaan atau secara terus-menerus.

Untuk menyesuaikan penggunaan aplikasi pada laptop kalian, dapat melakukan beberapa langkah sebagai berikut ini:

  1. Tutup atau keluar dari aplikasi yang tidak digunakan saat menggunakan laptop.
  2. jika memungkinkan gunakan fitur background running atau pengaturan yang tersedia untuk mengurangi beban pada sistem
  3. Kalian dapat mengatur aplikasi yang digunakan agar tidak berjalan secara otomatis saat laptop dihidupkan atau saat startup.
  4. Batasi jumlah aplikasi yang dijalankan pada saat yang sama, terutama jika kalian menggunakan aplikasi yang memerlukan spesifikasi tinggi.

Dengan begitu kamu sudah bisa mengatasi laptop yang lemot windows 10.

6. Matikan Aplikasi Berjalan Saat Startup

Untuk cara mengatasi laptop yang lemot saat dinyalakan, salah satu caranya adalah sobat bisa menonaktifkan aplikasi dan program yang berjalan saat startup di laptop. Aplikasi dan program yang berjalan ketika startup dapat membebani sistem yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lemot.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan aplikasi dan program yang berjalan ketika startup adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan Task Manager: Anda dapat menggunakan Task Manager untuk melihat aplikasi dan program yang sedang berjalan saat startup dan menonaktifkannya. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard untuk membuka Task Manager, lalu pilih tab Startup, dan nonaktifkan aplikasi atau program yang tidak diperlukan dengan mengklik Disable.
  • Menggunakan metode msconfig: Anda dapat menggunakan msconfig untuk mengontrol aplikasi dan program yang berjalan saat startup. Caranya cukup gampang, sobat hanya perlu menekan tombol Windows + R pada keyboard laptop untuk membuka Run, kemudian ketik msconfig lalu tekan Enter. Ketika tab Startup muncul, nonaktifkan aplikasi atau program yang tidak diperlukan dengan mengklik tombol Uncheck.
  • Menggunakan Software Optimizer : Terdapat beberapa software yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan aplikasi atau program yang sedang berjalan saat startup seperti CCleaner, Glary Utilities dan software sejenis.

Dengan menonaktifkan aplikasi dan program yang tidak diperlukan saat startup, Anda dapat meningkatkan kinerja laptop dan mengatasi laptop lambat booting windows 7, windows 10 dan windows 11. Namun pastikan juga program yang ditutup benar-benar tidak dibutuhkan dan tidak mempengaruhi performa aplikasi yang lain pada laptop kalian.

7. Ganti Ke SSD (Rekomendasi)

Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan kinerja laptop dan mengatasi laptop asus lemot windows 10 adalah dengan cara mengganti hard disk pada laptop dengan solid state drive atau yang sering dikenal dengan istilah SSD. SSD ini merupakan jenis penyimpanan data yang menggunakan chip flash sebagai media penyimpanannya, sehingga laptop dapat menyimpan data dengan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan hard disk tradisional (HDD).

Keuntungan menggunakan SSD untuk laptop lemot adalah sebagai berikut:

  • Booting laptop lebih cepat karena tidak ada mekanisme spinning yang perlu dilakukan.
  • Akses ke data lebih cepat dari HDD karena tidak ada seek time dan rotational latency.
  • Umur pakai SSD yang lebih lama.
  • SSD lebih ringan dibandingkan HDD dan tidak rentan terhadap getaran.

Jika kalian ingin mengganti harddisk dengan SSD, Anda dapat melakukannya dengan cara berikut ini:

  • Membeli SSD baru yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.
  • Membackup semua data pada hard disk sebelum menggantinya dengan SSD.
  • Membuka casing laptop untuk mengakses hard disk.
  • Mencopot hard disk lama dan menggantinya dengan SSD baru.
  • Menginstall sistem operasi yang digunakan pada laptop atau restore dari backup yang sudah dilakukan sebelumnya.

Perlu sobat ingat bahwa mengganti HDD ke SSD memerlukan biaya dan prosedur yang cukup rumit, jika anda tidak familiar dengan teknisnya disarankan untuk menggunakan bantuan teknisi atau service center agar proses penggantian bisa maximal. Jika kalian sudah mengganti HDD ke SSD, Anda akan melihat perbedaan yang signifikan dalam kinerja laptop dan mengatasi laptop lemot windows 11 saat dinyalakan.

Kesimpulan

Setelah sobat membaca masalah - masalah dan cara mengatasi laptop lemot, dan sudah mencoba semua cara namun laptop masih saja lemot. Jalan satu - satunya adalah mengganti HDD laptop kalian dengan SSD yang sesuai. Menggunakan SSD merupakan salah satu cara mengatasi laptop lemot windows yang paling ampuh.

Semoga informasi tentang cara mengatasi laptop asus lemot di windows, dapat membantu masalah yang ada pada laptop kalian.

Posting Komentar

Posting Komentar