10 Daftar Makanan Khas Bali Paling Populer

Makanan Khas Bali Paling Populer di bali, yang akan mau berlibur  ke bali wajib mencicipi makanan khas bali yang mempunyai cita rasa rempah - rempah dan pengolahan yang beda dari yang lainnya. Makanan khas bali sudah terkenal mendunia yang sangat cocok dengan lidah warga negara asing atau turis yang berkunjung ke bali. 

PENGERTIAN MAKANAN KHAS BALI

Makanan khas bali adalah makanan yang dibuat dengan bumbu dan rempah - rempah yang di olah secara tradisi adat dan budaya bali. Biasanya makanan khas bali yang paling terkenal dan mendunia adalah Babi Guling atau Suckling Pig.

DAFTAR KULINER DAN MAKANAN KHAS BALI

1. BABI GULING atau SUCKLING PIG

Babi guling khas bali adalah sejenis makan yang dibuat dengan mengolah babi betina atau babi jantan kemudian perutnya di bersihkan dan di isikan olahan bumbu dan sayuran daun ubi yang muda. Kemudian daging babi yang sudah di olah sudah siap di panggang di atas bara api sampai warna kulit kecoklatan. Yang paling enak dari olahan babi guling ini adalah di bagian kulitnya yang super renyah dan gurih.

Silahkan ikuti tutorial ini Untuk mengetahui cara membuat babi guling atau Resep membuat babi guling yang enak dan gurih serta cara membuat bumbu khas bali atau base genep.

2. NASI CAMPUR KHAS BALI

Nasi campur khas bali ini bisa sobat dapatkan mulai dari pedagang pinggir jalan sampai restaurant sekalipun. Biasanya nasi campur khas bali ini berisi Nasi putih yang di sajikan dengan lauk sate lilit, sayur urap, ayam sisit, tempe pedas manis, lawar babi atau lawar ayam dan sambal matah atau sambal goreng khas bali, disajikan di dalam 1 piring.

3. AYAM BETUTU KHAS BALI

Jika berkunjung ke bali wajib rasanya harus mencicipi makanan khas bali yang satu ini yaitu Ayam Betutu Khas Bali. Ayam betutu khas bali ini di buat dengan cara ayam di presto dalam beberapa jam untuk menghasilkan texture ayam yang lembut dan gurih dimana ayam tersebut sudah di bumbui terlebih dahulu dengan rempah - rempah khas bali dan bagian perut ayam diisi dengan sayuran dari daun ubi yang muda yang sudah di olah dan dibumbui dengan bumbu khas bali sebelumnya. 

4. SATE LILIT BALI

Makanan sate pada umumnya adalah daging yang ditusuk namun di bali ada yang namanya sate lilit yaitu daging ayam yang sudah di cincang dan di beri bumbu rempah - rempah khas bali lalu daging tersebut dililitkan di batang sereh atau batang tangkai bambu lalu di panggang di atas bara api. Rasanya yang enak dan gurih serta texture yang lembut akan membuat sobat ketagihan mencicipi sate lilit khas bali yang satu ini. Biasanya sate lilit khas bali ini banyak di jumpai mulai dari pedagang kecil hingga restaurant besar di bali.

5. SEROMBOTAN

Serombotan adalah sayuran khas bali Originalnya berasal dari kabupaten klungkung, Bali. Serombotan ini di buat dengan mencampurkan beberapa sayuran seperti kacang panjang, kangkung, bayam, buncis, terong tauge dan sayur pare. Beberapa campuran sayuran tersebut lalu di campur dengan bumbu serombotan khas bali yang hanya ada di bali.

6. NASI JINGGO BALI

Nasi jinggo adalah makanan khas bali yang super murah, biasanya para penjual nasi jinggo menjualnya seharga Rp. 5000 Rupiah. Nasi jinggo khas bali ini berisi nasi putih dengan lauk tempe pedas manis, mie goreng, tempe, lawar bali dan sambal lalu di bungkus dengan daun pisang. Biasanya pedagang nasi jinggo ini biasa di temui di pinggir jalan dengan beberapa pilihan item nasi jinggo yang beragam macam.

7. SATE PLECING

Sate plecing dan sate lilit khas bali tidak jauh berbeda sama - sama di buat dengan cara mencincang dagingnya terlebih dahulu bedanya sate plecing biasanya terbuat dari olahan daging ikan laut lalu ditambahkan bumbu plecing yang super pedas dan gurih. Biasanya sate plecing di sajikan dengan soto ikan laut dan olahan sayur plecing.

8. NASI SELA BALI

Nasi sela bali atau bahasa indonesianya nasi putih yang di campur dengan ubi. Biasanya nasi sela atau nasi ubi ini hanya dibuat oleh masyarakat pedesaan saja namun karena perkembangan zaman dan perkembangan kuliner yang begitu pesat akhirnya nasi ubi ini masuk kota juga dengan olahan yang lebih modern dan cita rasa yang sangat enak sekali. Nasi sela bali ini juga bisa sobat temukan di beberapa restauran besar di bali.

9. LAWAR KUWIR

Lawar kuwir adalah olahan dari daging kuwir atau daging bebek yang di cincang lalu ditambahkan beberapa potongan olahan sayur seperti kacang panjang dan parutan kelapa bakar lalu di tambahkan bumbu - bumbu khas bali. Lawar kuwir ini salah satu makanan favorite warga bali.

10. TUM AYAM

Tum ayam dibuat dengan cara mengolah daging ayam lalu di cincang dan dibumbui dengan bumbu khas bali setelah di bumbui lalu ayam tersebut di bungkus dengan daun pisang dan di kukus sampai matang. 

Itulah beberapa makanan khas bali yang paling populer di bali. Makanan khas bali tersebut sangat lumrah di bali dan sudah di akui mancanegara karena banyak restaurant - restaurant yang menyajikan makanan - makanan khas bali yang traditional. Beberapa makanan khas bali sudah disempurnakan melalui campuran - campuran bumbu yang lebih menyesuaikan dengan lidah orang zaman sekarang dan lidah tamu yang berkunjung di bali.