Gratis Premium Akun Envato Element, Grammarly, Canva Telegram Group

Cara Root Xiaomi Android 9 Pie Keatas Lengkap

Cara root android 9, 10, 11 - Android merupakan operating sistem milik google yang banyak digunakan untuk pada smartphone - smartphone canggih masa kini. Android selalu berkembang dan semakin canggih dengan sistem pengamanan yang lebih ketat serta aplikasi - aplikasi pendukung yang semakin canggih untuk memudahkan pengguna android dalam menggunakan hp berbasis android.

Cara Root Android Terbaru
Android dibuat secara open source jadi seseorang dapat dengan mudah mengedit dan memodifikasi sistem android sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan, berbeda dengan pesaingnya yaitu Apple yang sistem OS nya sangat susah sekali dimodifikasi karena pihak apple mengunci open source dari sistem OS Iphone.

Pengertian Root Android

Root android merupakan suatu proses untuk membuka sistem android dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Banyak sekali pengguna android yang tidak puas dengan fitur - fitur yang disematkan sehingga banyak pengguna hp android lebih memilih untuk memodifikasi sistem android dengan cara root android. Cara root android dapat dilakukan pada tipe android pie keatas, yaitu android 9, android 10 maupun android 11. Sebelum melanjutkan ke cara root android 9 keatas alangkah baiknya memahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan root android dengan PC maupun tanpa PC.

Kelebihan Root Android

  • Dapat mengubah ROM Android atau istilah lainnya Custom ROM Android.
  • Dapat menggunakan aplikasi - aplikasi ilegal pengubah data seperti Lucky Patcher maupun Game Guardian untuk cheat game android.
  • Bisa mengubah tampilan android sesuka kita.
  • Memasang TWRP untuk proses backup data android.

Kekurangan Root Android

  • Susah mendapatkan update OTA android.
  • Beberapa aplikasi seperti aplikasi bank dan pembayaran memblokir sistem android yang telah di root (dapat diakali dengan magisk root)
  • Garansi hp menjadi hangus karena sistem android telah di root.

Tujuan Root Android

Tujuan pengguna android untuk meroot androidnya adalah agar mendapatkan akses penuh ke dalam sistem android sehingga meraka dapat dengan mudah memodifikasi, menambahkan maupun mengurangi beberapa item didalam sistem android. Tujuan lain root android adalah untuk bisa mengubah ROM yang sudah tersedia dengan Custom ROM lainnya.

Bahan Root Android 9, 10, 11

Adapun beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk proses root android di android 9 pie maupun di android 10 dan android 11. Silahkan download bahan - bahan root android ini dan simpan pada komputer maupun laptop untuk memudahkan proses root android dengan pc.

1. Unlock Boatloader

Unlock boatloader adalah tahap pertama yang harus disiapkan untuk proses root android terbaru. Jika ingin root hp xiaomi maka wajib hukumnya harus unlock boatloader terlebih dahulu. Silahkan simak cara unlock boatloader xiaomi pada artikel lainnya. 

2. ADB Fastboat Driver

ADB Fastboot Driver merupakan suatu software yang digunakan untuk melakukan perintah saat hp android dalam keadaan fastboot. Adb fastboot android bekerja dengan cara menyambungkan android ke laptop maupun komputer dengan kabel data aslinya. Silahkan download adb fastboot driver terbaru dibawah ini.

Cara Menggunakan Adb Fastboot

Jika sudah selesai download adb fastboot android, silahkan langsung extract file rar dan kemudian klik 2x pada icon cmd-here.exe, maka adb fastboot akan terbuka.

3. USB Driver Universal Android

Usb driver digunakan agar komputer maupun laptop mendeteksi hp android kita. Silahkan download dan install USB driver android dibawah ini untuk bisa melanjutkan proses root android 9, 10 dan android 11.

4. Kabel Data Usb Asli 

Diusakahan menggunakan kabel data asli bawaan hp agar proses root android menjadi lancar dan aman dari terputusnya sambungan usb secara tiba - tiba. 

5. TWRP Android

Silahkan download TWRP installer dan twrp.img android terbaru untuk bisa melanjutkan proses root android.

Jika semua bahan - bahan root android didownload maka langkah selanjutnya adalah proses cara root android di android 9, android 10 dan android 11 yang rata - rata caranya sama persis.

Cara Root Android Terbaru

1. Download Dan Install Semua Bahan

  1. Install driver usb universal android di laptop maupun pc, kemudian restart laptop maupun pcnya.
  2. Extrat Adb fastboot driver dan tempatkan pada folder yang gampang dijangkau.
  3. Download twrp.img android dan tempatkan pada 1 folder dengan adb fastboot folder. 
  4. Copy twrp installer ke hp android sobat, tempatkan pada folder yang mudah dijangkau.

2. Aktifkan Usb Debugging

  1.  Masuk ke setting - About - Klik 7x pada build number untuk memunculkan developer option.
  2. Mauk ke menu developer option pada menu sistem.
  3. Centang OEM Unlocking.

3. Unlock Boatloader Xioami

  1. Masuk ke menu fastboot android dengan cara matikan hp kemudian tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan sampai layar menyala.
  2. Ketika muncul tulisan fastboot, segera sambungkan hp ke laptop dan komputer dengan kabel usb.
  3. Langkah selanjutnya buka aplikasi adb fasboot yang sudah didownload tadi dengan klik 2x pada adb-here.exe.
  4. Masukkan perintah "fastboot devices" kemudian tekan enter. Jika hp tersambung dengan benar maka akan muncul nomor seri android.
  5. Selanjutnya ketik perintah "fastboot oem unlock" untuk unlock boatloader xiaomi. 
  6. Terakhir tekan dan tahan tombol power android untuk restart hp android.

4. Memasang TWRP Android

  1. Download TWRP Android terbaru lalu ubah nama menjadi twrp.img dan tempatkan pada folder yang sama dengan adb fastboot
  2. Matikan hp android dan masuk ke menu fastboot dengan cara menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan.
  3. Ketika sudah dimode fastboot, segera buka adb fastboot dan ketik perintah ini "fastboot boot recovery twrp.img".
  4. Silahkan tunggu beberapa saat sampai muncul layar TWRP di android.
  5. Klik menu install pada twrp menu dan pilih TWRP installer.zip yang sudah dipindahkan ke hp tadi.
  6. Tunggu sampai proses selesai dan pilih reboot pada slot B jika current slotnya A maupun sebaliknya.
  7. TWRP sudah berhasil di install.
  8. Kabel usb sudah bisa dicabut jika sudah selesai restart.

Jika hp mengalami boatloop setelah restart silahkan kembali ke mode fastboot android dan masuk ke twrp dengan adb fastboot kemudian restart menggunakan slot lainnya

5. Install Magisk Root Installer

  1. Silahkan download magisk installer di magiskmanager.com/ kemudian simpan di hp android yang ingin di root.
  2. Langkah selanjutnya masuk ke menu TWRP dengan cara mematikan hp kemudian tekan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan.
  3. Pada menu twrp klik instal dan pilih Magisk installer.zip
  4. Tunggu sampai proses selesai dan reboot hp.
  5. Terakhir instal magisk apk di android dan cek dengan aplikasi root yang bisa didownload di google playstore. Apakah sudah berjalan dengan benar atau belum.

Selamat hp android sudah berhasil di root dengan sempurna. Jika mengikuti tutorial cara root android dengan pc diatas secara benar maka proses root akan berjalan dengan lancar. Jika mengalami kendala seperti bootloop silahkan segera instal ulang android untuk memulihkannya.

Sekian tutorial cara root hp android dengan magisk ini, semoga bisa bermanfaat dan jika mengalami kendala saat menjalankan proses root segera tulis di kolom komentar.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment