Jam Kerja Di Kapal Pesiar Yang Perlu Kamu Ketahui

Jam Kerja Di Kapal Pesiar

Jam kerja di kapal pesiar - Kamu ingin bekerja di kapal pesiar, namun kamu masih bingung karena sering mendengar kalau kerja di kapal pesiar itu berat dan tidak dapat tidur. Jika kamu mendengar informasi simpang siur seperti itu, silahkan simak penjelasan berikut ini tentang jam kerja di kapal pesiar.

Saya memberikan informasi ini dengan benar sesuai dengan pengalaman saya bekerja di kapal pesiar mewah Royal Caribbean Internasional. Informasi ini bertujuan untuk edukasi dan agar berita - berita simpang siur atau hoax di masyarakat tidak tersebar luas.

Jam Kerja Di Kapal Pesiar

Di kapal pesiar semua crew member tidak diperbolehkan bekerja lebih dari 14 jam perhari nonstop tanpa istirahat. Untuk saat ini kapal - kapal besar di dunia menerapkan sistem IMO/ILO GUIDELINES yang artinya setiap crew member kapal pesiar harus mendapatkan istirahat secara nonstsop ( tidak di potong jam kerja) selama 8 jam atau lebih dalam 24 jam. 

Saat jam kerja biasanya kapal pesiar khususnya RCCL akan memberikan maximum jam bekerja selama 10 jam per hari. Jika lebih dari 10 jam per hari akan diberlakukan uang lembur yang dihitung setiap 1 jam.

Sistem Jam Bekerja Di Kapal Pesiar

Saya akan membeberkan sistem bekerja di kapal pesiar sesuai dengan pengalaman saya bekerja di kapal pesiar. Dalam 24 jam kamu akan bekerja selama 12 jam dengan istirahat 2 jam artinya jika kamu berangkat jam 6 pagi maka kamu akan selesai jam 6 sore. Jadwal bekerja kapal pesiar ini biasanya berlaku untuk posisi Cook, Stateroom dan Cleaner.

Sedangkan untuk Food dan Beverage biasanya dalam 10 jam akan dibagi menjadi 3x istirahat, artinya jika kamu berangkat bekerja jam 6 pagi kamu bisa selesai bekerja jam 10 malam, biasanya jadwal ini khusus untuk beberapa outlet department Bar dan restaurant. 

Jika ada yang bilang saya bekerja selama 16 jam perhari, artinya dalam 16 jam tersebut dibagi menjadi beberapa istirahat bisa 1 - 3 kali istirahat dan jika ditotalkan jam bekerjanya dipotong jam istirahat maka hanya 10 jam kerja saja sesuai dengan standar ILO.

Apa Yang Terjadi Jika Bekerja Lebih Dari 14 Jam Di Kapal Pesiar?

Jika saat di kapal pesiar dan kamu bekerja lebih dari 14 jam per hari, maka kamu akan diberikan peringatan oleh supervisor kamu dan jika dilakukan secara terus menerus maka ada kemungkinan kamu akan dipecat karena perusahaan kapal pesiar tidak mau mengambil resiko terkena sanksi dari pemerintah jika ada crewnya yang bekerja di luar SOP atau aturan yang ada.

Nah itulah sedikit gambaran jam bekerja di kapal pesiar yang wajib kamu ketahui sebelum melamar kerja di kapal pesiar mewah. Informasi ini hanya bayangan saja agar kamu tidak menduga - duga jika jam kerja di kapal pesiar itu berat atau semacamnya.

Bekerja di kapal pesiar lebih terjamin hidupnya ketimbang bekerja di darat. Jika kamu ada berkeinginan bekerja di kapal pesiar silahkan baca - baca informasi seputaran kapal pesiar di website ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Menyajikan info menarik dan akurat disekitar kita

Post a Comment