Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Professional

Bagi yang lagi kebingungan mencari artikel Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja, disini akan mengupas sampai tuntas cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar dan tentunya yang professional dan pastinya di terima di perusahaan - perusahaan besar.

Dalam membuat surat lamaran kerja yang baik hal paling penting yang harus diperhatikan adalah pada bagian kontak person nya serta gaya bahasa yang tidak terlalu kaku sehingga surat lamaran kerja menarik untuk di baca oleh pemberi kerja. 

Selain cara membuat surat lamaran kerja yang benar, disini akan dibahas juga cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan dengan gaya penulisan yang professional dan modern agar menarik untuk di baca oleh pemberi kerja di perusahaan yang akan di lamar.

Agar sobat dewataa bisa dengan gampang di terima dalam perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, sobat dewata harus memperhatikan beberapa perlengkapan dokumen agar surat lamaran sobat bisa terverifikasi dengan sempurna dan di terima untuk seksi interview di kemudian hari.

SYARAT - SYARAT KIRIM SURAT LAMARAN KERJA

  1. Menyiapkan CV dan Surat lamaran kerja yang benar.
  2. Sertakan sertifikat - sertifikat sesuai posisi yang di lamar.
  3. Pas foto yang jelas dan sopan.
  4. Surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian.
  5. Foto copy identitas seperti KTP / SIM

Syarat - syarat tersebut harus ada dalam satu map jika ingin mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan. Fungsi dari syarat - syarat kirim surat lamaran kerja tersebut adalah agar para pemberi kerja dengan mudah memverifikasi pelamar sesuai dengan lowongan pekerjaan yang di butuhkan.

CARA MENULIS SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR

Biasanya cara menulis surat lamaran kerja yang benar harus berisi ditujukan ke nama HRD perusahaan itu akan lebih baik jika sobat mengetahui nama dari HRD perusahaan yang di lamar. Namun biasanya cara menulis surat lamaran kerja yang ditujukan kemana saja isinya sama saja seperti Cara membuat lamaran kerja di pabrik, cara membuat surat lamaran kerja di indomaret, cara membuat surat lamaran kerja di hotel maupun cara membuat surat lamaran cpns.

Berikut adalah poin - poin penting yang harus ada di dalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

  1. Tempat serta tanggal saat penulisan surat harus jelas.
  2. Ditujukan ke siapa, Harus di tulis nama HRD serta jabatan dan nama perusahaannya. 
  3. Alamat lengkap perusahaan yang akan di lamar
  4. Kata pengantar atau kata pembuka
  5. Biodata lengkap
  6. Pengalaman kerja harus disertakan dalam penulisan surat lamaran kerja yang benar
  7. Penutup
  8. Jangan lupa sertakan dokumen - dokumen penting sebagai pendukung isi dari surat lamaran kerja yang di buat.

Hal di atas adalah basic dalam membuat surat lamaran kerja umum. Contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar di atas adalah hal yang umum di dunia kerja. Namun beberapa pelamar kerja hanya membuat surat lamaran kerja secara asal - asalan dan cuek sehingga dalam mengirim surat lamaran kerja tidak akan pernah di panggil untuk interview oleh pemberi kerja di perusahaan yang di lamar.

Contoh surat lamaran kerja yang benar adalah selalu menyertakan poin - poin penting yang di bahas di atas tadi serta menyertakan dokumen - dokumen pendukung di dalam mengirim surat lamaran kerja ke perusahaan.

Dalam mengirim surat lamarn kerja yang baik dan benar jangan lupa untuk melampirkan dokumen - dokumen pendukung untuk meyakinkan pemberi kerja dengan skill, ilmu dan pengalaman yang dimiliki.

CONTOH LAMPIRAN SURAT LAMARAN KERJA YANG BENAR

  1. Identitas resmi seperti KTP / SIM.
  2. Melampirkan pas foto terbaru.
  3. Daftar riwayat hidup.
  4. Melampirkan foto copy ijazah pendidikan terakhir.
  5. Foto copy sertifikat pengalaman kerja.
  6. Foto copy sertifikat kursus atau sertifikat pelatihan khusus.

Contoh lampiran surat lamaran kerja tersebut harus dan wajib di lampirkan dalam mengirim surat lamaran kerja, karena lampiran tersebut akan di verifikasi oleh HRD perusahaan untuk menentukan kriteria standar perusahaan yang akan di lamar.

Selain contoh membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar di atas, ini ada beberapa tips penting agar semakin mudah di terima di perusahaan dalam mengirim surat lamaran kerja. 

Ketika nanti sudah menginjak pada sesi interview ada 7 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Wawancara Kerja karena akan dipertimbangkan lagi oleh perusahaan dan susah di terima untuk bekerja.

TIPS PELAMAR KERJA MUDAH DI TERIMA DIPERUSAHAAN

  • Tulis surat lamaran kerja dengan benar sesuai dengan kamus bahasa indonesia yang baik dan benar.
  • Dalam menulis surat lamaran kerja harus menggunakan bahasa yang mudah di pahami dan tidak berbelit - belit.
  • Tujuan dalam menulis surat lamaran harus jelas, ditujukan ke siapa dan nama perusahaan nya apa serta melamar pekerjaan apa.
  • Lampirkan dengan lengkap persyaratan - persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan sebelum mengirim surat lamaran kerja.
  • Jika sobat menulis surat lamaran kerja dengan tangan di usahakan tulisan yang jelas dan rapi serta mudah di baca oleh pembaca.
  • Terakhir jangan lupa sertakan tanda tangan serta materai jika dibutuhkan agar surat lamaran menjadi sah.

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BENAR

Klik gambar untuk memperbesar Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar.



Terima kasih sudah membaca artiker Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Profesional. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan manfaat bagi para pelamar kerja yang sedang mencari pekerjaan. Silahkan gunakan contoh cara membuat surat lamaran kerja yang benar ini dengan sebaik - baiknya.

Jangan lupa membaca artikel Aplikasi Android Penghasil Uang sebagai pemasukan tambahan dalam bekerja Serta cara membuat CV kekinian dan Modern.